Diduga Keracunan Makanan Puluhan Jemaah Pengajian di Jombang Dilarikan ke Puskesmas

Salah satu korban keracunan saat dirawat di Puskesmas
Salah satu korban keracunan saat dirawat di Puskesmas
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang – Puluhan orang di Desa Jatirejo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang Jawa Timur, dilarikan ke Puskesmas terdekat dan sejumlah rumah sakit, usai mengalami diare hebat.

Setidaknya ada 30 orang dari 60 anggota jemaah Yasinan atau pengajian yang diduga keracunan usai mengkonsumsi makanan yang diberikan oleh tuan rumah penyelenggara hajatan.

Mustakim (55 tahun) salah satu warga Dusun Pacul gowang, Desa Jatirejo hingga saat ini masih dirawat di Puskesmas Cukir, sejak Jumat 15 September kemarin. Ia menderita diare hebat hingga mengalami demam dan akhirnya dilarikan ke Puskesmas Cukir.

"Habis Maghrib (Kamis 14 September 2023) ada kegiatan di Desa, Yasinan. Ada berkat (makanan nasi kotak), terus saya makan sedikit," kata Mustakim, Senin, 18 September 2023.

Usai memakan nasi kotak dari acara hajatan, selang beberapa menit kemudian ia mengalami pusing. Dia mengaku ada salah satu makanan yang rasanya sudah pahit saat dimakan.

"Setelah makan, malamnya itu pusing, terus BAB agak cair (diare), terus paginya malah parah. Rasa yang agak anu (aneh) itu ya somai itu. Ya dari hajatan itu, somainya agak pahit, terus aku buang. Dan terus aku makan telur sama kentang, kecil-kecil dua itu," ujar Mustakim. 

Ia mengaku ada sekitar 60 orang jemaah yang mengikuti acara Yasinan pada Kamis, 14 September 2023 malam. Dan rata-rata mereka juga mengalami hal yang serupa dengan yang dialaminya.