Kebakaran Gunung Bromo Telah Sampai Batas Malang-Pasuruan-Probolinggo

Proses pemadaman kebakaran di Gunung Bromo.
Sumber :
  • BPBD Kabupaten Malang

Malang, VIVA – Kebakaran di kawasan Gunung Bromo semakin meluas. Kini titik api yang semula hanya berada di padang Savana, Bukit Teletubbies dan Blok Watangan telah meluas ke daerah perbatasan 3 wilayah. 

LPBH PBNU Bakal Lapor Polda Jatim atas Dugaan Pelanggaran Pengadaan Lahan Kampus UNISMA

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan mengatakan, bahwa sejak Minggu, 10 September 2023 pukul 10.00 WIB titik api sudah mencapai Kabupaten Malang. Bahkan di perbatasan 3 wilayah ini Malang, Pasuruan dan Probolinggo dilaporkan ada titik api. 

"Sudah sampai Malang mulai kemarin. Laporan awal jam 10.00 pagi Minggu kemarin. Ini hampir semua kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo semuanya kena (kebakaran)," kata Sadono, Senin, 11 September 2023.

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Sadono mengatakan, di wilayah Kabupaten Malang titik api dilaporkan telah sampai di 2 kecamatan yang berada di wilayah Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS). Yakni Kecamatan Jabung dan Kecamatan Poncokusumo. 

"Hari ini (titik api) sudah di Jemplang terus wilayah TNBTS yang ada di Jabung Taji. Yakni di Pusung Samat sampai Puncak Kahyangan ini daerah perbatasan sama Pasuruan. Di Kabupaten Malang api sudah menyabar 2 kecamatan di wilayah Jabung dan Poncokusumo yang masuk wilayah TNBTS," ujar Sadono. 

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Usaha BB TNBTS, Septi Eka Wardhani mengatakan, sebagai langkah taktis dalam mengendalikan kebakaran di kawasan Gunung Bromo. Usai menutup akses wisata Gunung Bromo secara total, kini aemua akses menuju Taman Nasional juga ditutup total. 

"Untuk kelancaran proses pemadaman dan memperhatikan keamanan pengunjung, maka seluruh akses menuju dan atau melintas melalui Taman Nasional Ditutup secara total. Penutupan diberlakukan sejak Minggu 10 September 2023 mulai pukul 19.00 WIB sampai dengan batas waktu yang belum bisa ditentukan," kata Septi.

Halaman Selanjutnya
img_title