Hore, Ruas Jalan Brosem Kota Batu Dilebarkan Untuk Minimalisir Kemacetan

Ruas jalan Bromo-Semeru Kota Batu
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Ruas Jalan Bromo-Semeru dipastikan akan diperlebar pada tahun ini. Dalam pembangunannya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu menganggarkan Rp4,5 miliar.

Temuan Jasad di Kebun Tebu Gegerkan Warga Jombang, Diduga Lansia Setempat yang Hilang

Kepala DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat mengatakan pembangunan tersebut meliputi pelebaran dari sebelumnya 6 hingga 7 meter menjadi 10 hingga 12 meter dengan panjang 650 meter. 

"Dalam pelebaran akan menutup saluran irigasi dengan box culvert. Pelebaran ini merupakan program prioritas Pemkot Batu untuk meminimalisir kemacetan jalan menuju Alun-alun Batu yang kerap terjadi," kata Alfi, Jumat, 8 September 2023.

Melihat Gelaran Car Meet Up 2024 Pertama Kali di Pasuruan

Selain menjadi solusi kemacetan, pelebaran jalan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kendaraan dan memberikan kenyamanan mobilitas, baik itu warga, masyarakat dan wisatawan.

"Sehingga semua bisa terlayani dengan baik supaya memberikan dampak positif yaitu meningkatkan produktifitas masyarakat," tuturnya.

PKB Jombang Optimistis Usung Kades di Pilkada Jombang 2024, Wakilnya Bisa dari Kalangan Nahdliyin

Perlu diketahui pekerjaan tersebut dimenangkan oleh PT Mandiri Langgeng Gemilang dengan harga penawaran Rp3,3 miliar. Kemudian untuk anggaran perencanaan menggunakan APBD Kota Batu 2022 senilai Rp98 juta. Sedangkan untuk pengawasan pelebaran jalan dianggarkan Rp96 juta pada APBD Kota Batu 2023.

Alfi pun berpesan agar masyarakat bisa memahami pembangunan tersebut karena akan berdampak pada kemacetan sementara waktu karena ada aktivitas pembangunan dan alat berat, sehingga jalan mengalami penyempitan.

Halaman Selanjutnya
img_title