Warga Kota Batu Terancam Penyakit Pernafasan, Ini Penyebabnya

TPA Tlekung yang ditutup.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Dampak penutupan TPA Tlekung tak hanya pada pembuangan sampah, saat ini masyarakat Kota Batu juga dalam ancaman penyakit pernafasan. Pasalnya sekarang marak pembakaran sampah yang tak terkontrol di beberapa tempat.

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Penangganan Bencana Dinas Kesehatan Kota Batu, dr Susana Indahwati mengatakan pembakaran sampai mengandung emisi gas beracun antara lain sulfur dioksida, karbon monoksida, nitrogen oksida, dan partikulat matter.

"Nah jika pembakar sampah yang dilakukan tak terkontrol dan rutin sangat berbahaya pada kesehatan masyarakat dan lingkungan," katanya, Kamis 7 September 2023.

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

Jangka panjang asap pembakaran juga menyebabkan penyakit pernafasan, asma, infeksi paru-paru, dan bronkitis. Sebab partikular asap bisa masuk ke aliran darah dan kesehatan serius bisa terancam.

"Terutama pada anak-anak dan orang yang rentan. Apalagi beberapa sampah, seperti plastik, dapat menghasilkan toksin berbahaya saat dibakar. Toksin ini dapat mencemari udara dan tanah di sekitarnya. Inhalasi atau paparan kulit terhadap toksin ini dapat menyebabkan masalah kesehatan, termasuk kerusakan organ," tuturnya.

Pemkot Pasuruan Remikan Gedung PLUT-KUMKM Dorong Kemajuan UMKM

Bahkan apabila terjadi paparan jangka panjang terhadap polusi udara dari pembakaran sampah dapat menyebabkan penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan gangguan neurologis. 

"Pembakaran sampah yang tidak terkontrol juga dapat mencemari sumber air, seperti sungai dan danau, dengan zat-zat berbahaya yang dapat merusak ekosistem air dan menyebabkan masalah kesehatan bagi masyarakat yang menggunakan air tersebut," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title