Air Baku SPAM Bango Ditargetkan Mengalir ke Warga Kota Malang Desember 2023

Pemantauan progres SPAM Bango di Kota Malang
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Malang, VIVA – Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang dikerjasamakan Perum Jasa Tirta I atau PJT I dengan Pemkot Malang melalui Perumda Tugu Tirta masih terus dilakukan. 

LPBH PBNU Bakal Lapor Polda Jatim atas Dugaan Pelanggaran Pengadaan Lahan Kampus UNISMA

PJT I pun menargetkan pembangunan SPAM Bango di Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang bisa segera selesai di akhir 2023.

Direktur Operasional PJT I, Milfan Rantawi mengatakan, SPAM Bango ditargetkan bisa mulai beroperasi 21 September 2023 sebesar 100 LPS (liter per second). Namun sembari ujicoba dilakukan, kapasitas akan terus ditingkatkan hingga 200 LPS pada bulan Desember 2023 dan bisa tersambung hingga didistribusikan untuk masyarakat melalui Perumda Tugu Tirta atau PDAM Kota Malang. 

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

"Ujicoba kelayakan produksi air bersih menggunakan air baku dari Sungai Bango ini dijadwalkan pada 21 September 2023. Meleset dari jadwal sebelumnya pada Agustus 2023. Pada Desember 2023 baru disempurnakan sebesar 200 LPS," katanya, Kamis 7 September 2023. 

Terkait progres pembangunan, Milfan menuturkan, sampai detik ini pekerjaan terus on progres dan tidak molor. Keterlambatan masih di bawah ambang batas 5 persen.

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

"Itu sifatnya masih batas kewajaran. Pengerjaan bisa dikatakan terlambat, ketika nilai keterlambatan di atas angka 5 persen. Terkadang keterlambatan disebabkan dan diipengaruh oleh hal teknis seperti pengangkutan barang atau material on side," tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan, dengan metode water treatment plant (WTP) dengan memanfaatkan air permukaan dari Sungai Bango menjadi penguatan penyediaan air baku di Perumda Tugu Tirta (PDAM) Kota Malang.

Halaman Selanjutnya
img_title