Padang Savana Kembali Terbakar, Kini Wisata Gunung Bromo Ditutup Total

Kebakaran di Padang Savana, Gunung Bromo.
Sumber :
  • Dok Balai Besar TNBTS

Malang, VIVABalai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memutuskan untuk menutup secara total Wisata Gunung Bromo sejak Rabu, 6 September 2023 kemarin. Kebakaran yang terus meluas menjadi salah satu penyebabnya. 

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

Kebakaran terbaru terjadi di Blok Savana Lembah Watangan atau Bukit Teletubbies di Savana Kaldera Gunung Bromo. Kebakaran ini diduga disebabkan oleh ulah wisatawan yang ceroboh. 

"Untuk kelancaran proses pemadaman dan memperhatikan keamanan pengunjung, maka kegiatan Wisata Gunung Bromo ditutup secara total. Berlakukan sejak Rabu, 6 September 2023 mulai pukul 22.00 WIB sampai dengan batas waktu yang belum bisa ditentukan," kata Kepala Bagian Tata Usaha BB TNBTS, Septi Eka Wardhani, Kamis, 7 September 2023.

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

Septi menuturkan, bagi pengunjung yang telah melakukan pembelian karcis melalui booking online, dapat mengajukan reschedule saat wisata kembali dibuka.

Balai Besar TNBTS selaku otoritas pariwisata di kawasan Gunung Bromo mengimbau kepada masyarakat, pengunjung, dan pelaku jasa wisata untuk menjaga Kawasan TNBTS dari kebakaran hutan. Seperti tidak menyalakan api dan sejenisnya.

Pemkot Pasuruan Remikan Gedung PLUT-KUMKM Dorong Kemajuan UMKM

"Antara lain petasan, kembang api, dan flare demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bersama serta melaporkan kepada petugas jika menemukan titik api di dalam Kawasan TNBTS," ujar Septi. 

Gunung Bromo sempat ditutup sebagian oleh Balai Besar TNBTS. Penutupan bagi wisatawan atau pengunjung dilakukan melalui pintu masuk Wonokitri, Kabupaten Pasuruan pada Minggu, 3 September 2023. 

Halaman Selanjutnya
img_title