Pemandian Air Panas Cangar Tutup, Imbas dari Kebakaran Gunung Arjuno

Pemandian air panas Cangar.
Sumber :
  • Explore.id

Batu, VIVAUPT Tahura Raden Soerjo menutup sementara wisata pemandian air panas Cangar di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Penutupan dilaksanakan lantaran adanya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terus meluas di Lereng Gunung Arjuno.

Cegah Konvoi Kelulusan Sekolah di Jombang, Puluhan Polisi Lakukan Patroli

Kasi Perencanaan Pengembangan dan Pemanfaatan UPT Tahura Raden Soerjo, Sadrah Devi mengatakan penutupan dilakukan sejak Senin, 4 September 2023 kemarin. 

"Penutupan sejak Senin dan belum ditentukan sampai kapan karena kebakaran terus meluas. Bahkan abu bekas kebakaran tertiup angin sampai sini, itu salah satu pertimbangan kita menutup karena bisa membahayakan wisatawan," kata Devi, Selasa, 5 September 2023.

Konsistensi Perempuan Golkar Bersatu Dampingi Penyintas Tragedi Kanjuruhan

Tidak hanya pemandian, wisata dibawah naungan Tahura juga tutup. Seperti pendakian Gunung Arjuno-Welirang, Gunung Pundak, Bukit Semar, Bukit Cendono, dan Bukit Watu Jengger. 

"Selain itu semua petugas kami kirim untuk berjuang memadamkan api di lereng Gunung Arjuno," ujar Devi. 

Pj Wali Kota Malang Terima Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Nasional 2024

Dampak kebakaran juga sangat terasa, terlebih pada ekosistem flora dan fauna. Kemudian banyak sumber air di wilayah atas yang tercemar abu kebakaran.

"Kebakaran ini sangat disayangkan pasalnya dugaan kuat kebakaran disebabkan ulah manusia seperti pemburu liar. Bukan faktor alam," tutur Devi. 

Halaman Selanjutnya
img_title