Sebagian Wisata Gunung Bromo Ditutup Akibat Terdampak Kebakaran

Kebakaran di Padang Savana, Gunung Bromo.
Sumber :
  • Dok Balai Besar TNBTS

Malang, VIVABalai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) mengambil langkah taktis dalam menyikapi kebakaran di kawasan taman nasional. Untuk sementara kunjungan Wisata Bromo melalui pintu masuk Wonokitri, Kabupaten Pasuruan ditutup untuk pengunjung.

KONI, Dindik, dan DPRD Gelar Hearing Persiapan Porprov 2025, Ini Pembahasannya

Kepala Bagian Tata Usaha BB TNBTS, Septi Eka Wardhani mengatakan, keputusan ini diambil setelah melihat kebakaran hutan yang terjadi pada View Point Gunung Penanjakan. Untuk kelancaran upaya pemadaman serta memperhatikan keamanan pengunjung, sebagian wisata ditutup. 

Pengunjung dapat masuk ke dalam Kawasan Wisata Bromo melalui pintu Cemoro Lawang, Kabupaten Probolinggo, Coban Trisula, Kabupaten Malang dan Senduro, Kabupaten Lumajang. 

Abah Anton Mengaku Tak Kapok Maju Pilwali Meski Pernah Tersandung KPK

"Batasan yang boleh dikunjungi adalah Lautan Pasir, Savana Lembah Watangan (Bukit Teletubbies), dan Mentigen. Sedangkan Gunung Penanjakan, Bukit Kedaluh, Bukit Cinta, ditutup untuk kunjungan wisata," kata Septi, Minggu, 3 September 2023. 

Balai Besar TNBTS selaku otoritas pariwisata di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menegasakan penutupan diberlakukan sejak Minggu, 3 September 2023 mulai pukul 18.00 WIB sampai dengan batas waktu yang belum bisa ditentukan.

Ingin Bawa Indonesia U23 ke Olimpiade Paris 2024, Shin Tae-yong Target Menang Lawan Uzbekistan U23

"Mengimbau kepada masyarakat, pengunjung, dan pelaku jasa wisata agar menjaga Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dari kebakaran hutan dengan memperhatikan penggunaan api demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bersama," ujar Septi. 

Sebelumnya, Padang Savana di Gunung Bromo terbakar pada Rabu, 30 Agustus 2023 pagi. Suhu panas diduga menjadi salah satu penyebab di Padang Savana, Gunung Bromo. 

Halaman Selanjutnya
img_title