Siang Ini TPA Tlekung Ditutup

Protes penutupan akses jalan menuju TPA Tlekung beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVAKepala Desa Tlekung, Mardi menegaskan TPA Tlekung bakal ditutup pada pukul 14.00 Wib, Rabu 30 Agustus 2023. Eksekutornya yaitu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu

Ini Nama 50 Calon Terpilih Anggota DPRD Jombang yang Ditetapkan KPU

"Jam 2 siang ditutup, yang nutup bukan warga tapi DLH Kota Batu. Itu ditutup karena tempatnya sudah tidak muat untuk menampung sampah," katanya.

Selain itu, penutupan TPA juga sudah sesuai dengan kesepakatan bersama antara warga dan pihak desa dengan Pemkot Batu. Kesepakatan itu muncul setelah adanya protes penutupan akses jalan menuju TPA oleh warga pada 28 Juli 2023 silam. 

Seorang Pria di Kota Malang Bacok Istri yang Hamil 4 Bulan Diduga Karena Cemburu

"Dalam kesepakatan jika tidak ada progres penangganan sampah dan pemenuhan 6 tuntutan warga selama 30 hari, TPA akan ditutup. Masyarakat kecewa karena keluhan yang disampaikan belasan tahun tentang bau sampah dan ancaman pencemaran tak pernah diindahkan oleh pemerintah," tuturnya.

Menanggapi itu, Kepala DLH Kota Batu, Aries Setiawan mengatakan jika pihaknya masih fokus mengurus sampah perkotaan. Sebab nanti sampah akan dibuang kemana.

Hasil Pleno Pileg 2024, PKB Akhiri Dominasi PDI Perjuangan di Kota Batu

"Fokus kami mau dibuang kemana sampah perkotaan. Sementara langkah antisipasi jangka pendek satu-satunya yaitu dengan memanfaatkan TPS3R yang ada di tiap-tiap desa dan kelurahan," katanya. 

Ketika disinggung terkait penutupan TPA Tlekung, Aries enggan menjawab. 

Halaman Selanjutnya
img_title