Kondisi Kesehatan Membaik, Jamaah Haji yang Tertinggal di Makkah Pulang ke Jombang

Kepala Kemenag Kabupaten Jombang, Muhajir.
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Usai menjalani perawatan secara intensif di RS King Faisal Mekkah, satu jemaah haji asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur yang tertinggal karena masalah kesehatan akhirnya dipulangkan.

UMM Jadi yang Terbanyak se-Indonesia Dalam Loloskan Proposal di P2MW

Kepala Kemenag Kabupaten Jombang, Muhajir menjelaskan, satu jemaah atas nama Hj Djumdu’ah (72 tahun), dari kloter 77 yang dirawat di RS King Faisal Mekkah, kondisinya berangsur membaik setelah menjalani perawatan selama dua minggu lebih.

"Jemaah yang tertinggal di tanah suci sudah dipulangkan di Indonesia, jadi kemarin, sudah mendarat di Jakarta dan langsung di observasi di RS Pondok Gede nanti kalau sudah dinyatakan sehat akan dibawa ke Surabaya untuk dipulangkan," ujar Muhajir, Sabtu 26 Agustus 2023.

Lutfil Hakim: PWI Malang Raya Harus Ikut Serta Memajukan Pembangunan di 3 Daerah

Lebih lanjut Muhajir mengatakan bahwa, jamaah asal Dusun Gondekan, Desa Jabon Kecamatan Jombang ini kondisinya sudah membaik, setelah dilakukan observasi oleh tim kedokteran.

"Dari hasil observasi dokter, kondisi jemaah stabil sehingga sudah layak terbang. Jadi kalau memastikan kondisi kesehatannya ini butuh observasi dulu. Namun yang jelas beliau sudah layak terbang," kata Muhajir.

PWI Dianggap Mampu Tarik Investor Untuk Pembangunan di Malang Raya

Dengan adanya beberapa kejadian di yang dialami oleh para jemaah haji tahun ini, untuk penyelengaraan haji kedepan, ada beberapa hal yang akan dievaluasi. 

Misalnya, akan dilakukan manasik haji sepanjang tahun untuk para jemaah haji yang masuk dalam waiting list. Tujuannya, adalah untuk mempersiapkan jamaah haji sedini mungkin. 

Halaman Selanjutnya
img_title