Jurus Pemkot Malang Hadapi El Nino

Wali Kota Malang, Sutiaji
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA – Fenomena iklim El Nino menjadi momok bagi pemerintah pusat dan pemerintah daerah termasuk Kota Malang. Ancaman suhu panas ekstrem hingga mempengaruhi stok pangan menjadi hal yang perlu diantisipasi oleh pemerintah. 

Penggemar Modena di Malang Kini Dimanjakan Dengan Inovasi Produk Baru

Wali Kota Malang, Sutiaji mengaku telah berkoordinasi dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) termasuk dengan Bulog. Rencananya mereka akan membuat pasar rakyat atau pasar murah sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo saat berkunjung ke Malang beberapa waktu lalu.

"Kami sudah menganggarkan untuk penambahan pasar-pasar murah, supaya ketahanan pangan dan daya beli masyarakat bisa dikendalikan," kata Sutiaji, Jumat, 4 Agustus 2023.

Pawai Budaya Kota Malang, Wahyu Hidayat Diserbu Emak-emak Diajak Selfie

Sutiaji juga menggaransi bahwa stok pangan di Kota Malang aman. Dia meminta masyarakat untuk tidak cemas dan panik. Sebab, kebutuhan pokok sudah disiapkan dan stoknya cukup untuk menghadapi kemungkinan iklim El Nino. 

"Saya kira untuk di Malang ini stok pangannya masih aman-aman saja, nggak usah perlu ada kekhawatiran," ujar Sutiaji. 

PDI Perjuangan Kota Batu Resmi Buka Pendaftaran Bacalon Wali Kota dan Wakil

Selain itu, Sutiaji mengajak masyarakat Kota Malang untuk bercocok tanam melalui metode hidroponik, vertikultur, tabulampot, aeroponik dan lainnya. Langkah ini hanya antisipasi saat terjadi krisis pangan. 

"Seperti dengan penanaman lahan yang ada di sekitar kita," tutur Sutiaji.