Pertamina Pastikan Stok LPG di Jawa Timur Aman Terkendali

Antrian gas elpiji (LPG) di Kota Batu.
Antrian gas elpiji (LPG) di Kota Batu.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Malang, VIVA – Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Ahad Rahedi mengatakan peningkatan konsumsi LPG 3 kilogram pada Juli ini dimulai sejak libur Idul Adha lalu. 

Permintaan LPG 3 kilogram semakin meningkat karena juga bertepatan dengan beberapa libur panjang. Peningkatan terjadi sebesar 2 persen.

"Pertamina memastikan kondisi penyaluran LPG 3 kilogram di Jawa Timur dalam keadaan aman. Konsumsi LPG 3 kilogram di Jawa Timur rata-rata 1.515.000 tabung per hari dengan stok hari ini sebesar 26.314 MT atau sebesar 8,7 juta tabung sehingga ketahanan stok dan pasokan masih sangat aman,” kata Ahad, Rabu, 26 Juli 2023. 

Saat ini Pertamina bekerjasama dengan Pemerintah Daerah setempat untuk melakukan langkah antisipatif. Diantaranya normalisasi harga dengan operasi pasar di Kabupaten Banyuwangi dan Kota Batu

Mereka juga melakukan sidak bersama terhadap pangkalan LPG dan pengecer atau konsumen yang tidak berhak dengan mengganti langsung tabung LPG 3 kilogram dengan Bright Gas. 

"Kami mengapresiasi Pemda yang telah turun langsung melaksanakan tanggung jawabnya karena untuk peredaran di level pengecer dan tepat sasaran atau tidak konsumsinya merupakan ranah Pemda,” ujar Ahad. 

Pertamina mengimbau agar masyarakat membeli LPG langsung di Pangkalan LPG 3 kilogram. Saat ini Pertamina berdasarkan Keputusan Menteri ESDM 27 Februari sejak Maret sedang melaksanakan program subsidi tepat LPG.