Jalur Klemuk Kembali Dibuka, Khusus Roda Dua dan Empat Berukuran Kecil

Portal pembatas agar tidak melintasi Jalur Klemuk.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Jalur alternatif Klemuk sudah dibuka kembali oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu. Saat ini kendaraan roda empat maupun roda dua sudah bisa melintas.

Dilirik UNESCO, Kota Malang Bakal Jadi Kota Kreatif Dunia pada 2025

Jalur tersebut ditutup beberapa waktu lalu pasca adanya laka maut truk dengan muatan sapi yang mengalami rem blong dan menyebabkan tiga korban jiwa.

Kepala Dishub Kota Batu, Imam Suryono membenarkan hal tersebut. Kendaraan yang boleh melintas hanya kendaraan roda empat berukuran kecil, seperti mobil pribadi serta roda dua.

Penggemar Modena di Malang Kini Dimanjakan Dengan Inovasi Produk Baru

"Ya sudah kami buka, khusus kendaraan kecil. Kendaraan besar apalagi yang membawa muatan kita larang, untuk mencegahnya kami juga sudah memasang portal pembatas besi dengan tinggi 2,2 meter di bawah maupun di atas," katanya, Senin, 3 Juli 2023.

Keputusan tersebut diambil setelah Dishub melakukan koordinasi dengan berbagai lintas sektor. Salah satunya yaitu dengan Polres Batu dan Dishub Kabupaten Malang

Pawai Budaya Kota Malang, Wahyu Hidayat Diserbu Emak-emak Diajak Selfie

"Hasil kesepakatan kendaraan besar tidak boleh melintas. Saya juga menghimbau kendaran yang kondisinya tidak sehat baik roda empat maupun roda dua jangan melintas Klemuk," tuturnya.

Sebelumnya, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Batu pernah mengusulkan menghapus Jalur Klemuk dari Google Maps. Pasalnya jalur curam tersebut sering terjadi kecelakaan.

Halaman Selanjutnya
img_title