PJT I Perpanjang Masa Flushing Bendungan Sengguruh Hingga 28 Juni

Flushing Bendungan Sengguruh
Sumber :
  • Perum Jasa Tirta I

Malang, VIVA – Tahun ini Perum Jasa Tirta (PJT) I kembali melaksanakan flushing Waduk Sengguruh yang berada di wilayah Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang

Viral Dugaan Pemerasan di Lawang, Polres Malang Lakukan Penyelidikan

Jika sebelumnya flushing dijadwalkan lima hari 19 hingga 23 Juni 2023, PJT I memastikan proses penggelontoran sendimen di Waduk Sengguruh tersebut diperpanjang hingga 28 Juni 2023. 

Direktur Operasional PJT I, Milfan Rantawi mengatakan memang flushing Sengguruh awalnya dijadwalkan selama lima hari. Dikarenakan adanya kerusakan pada trashrack intake PLTA Sengguruh yang memerlukan waktu lebih untuk perbaikan, sehingga kegiatan ini (flushing) diperpanjang hingga 28 Juni 2023.

Wanita Muda Asal Jakarta Ditemukan Tewas di Bawah Jembatan Tunggulmas Kota Malang

"Kita perpanjang, fushing dilakukan untuk mengurangi sedimen yang ada di Waduk Sengguruh. Tentunya flushing ini sangat diperlukan untuk menjaga bendungan agar tetap berfungsi dengan baik. Ini sudah keempat kalinya sejak pertama dilakukan tahun 2016 lalu," katanya, Minggu 25 Juni 2023.

Menurutnya, flushing Sengguruh merupakan salah satu bentuk implementasi penggunaan Biaya Jasa Pengelolaan Sumber Daya Air (BJPSDA) kepada pemanfaat, salah satunya PT PLN Nusantara Power.

Aksi Pencuri 'Obok-Obok' Sekolah SMA di Jombang Terekam CCTV

"Kondisi sedimen di Sengguruh sudah mendekati intake PLTA sehingga perlu dilakukan penggelontoran sebagai langkah penanganan untuk mencegah sedimen agar tidak masuk ke turbin," tuturnya.

Flushing, lanjut dia, juga untuk membersihkan sampah di area trashrackPLTA Sengguruh yang juga berpotensi mengganggu operasional PLTA. 

Halaman Selanjutnya
img_title