Rawan Kecelakaan, Diskominfo Kota Batu Usulkan Jalur Klemuk Dihapus dari Google Maps

Masyarakat dan relawan memasang portal di Jalur Klemuk
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Malang – Sering menyebabkan kecelakaan Jalur Klemuk diupayakan terhapus dari Google Maps. Hal itu menjadi usulan para relawan dan masyarakat setempat.

Mantan Ketua DPRD Jombang Kritik Rencana Pembelian Mobdin Untuk Pimpinan Baru

Kabid Aplikasi Informatika dan Persandian Diskominfo Kota Batu, Tutri Laksono Adi mengatakan pihaknya sedang merespon usulan penghapusan dari Google Maps jalur penghubung Songgoriti, Kota Batu melalui Pujon, Kabupaten Malang.

Pasalnya banyak kendaraan, terutama luar kota yang tidak mengetahui keadaan jalan yang sangat curam dan melintas di sana setelah diarahkan oleh Google Maps. 

Sopir Angkot hingga Ojol di Kota Batu Sumringah Usai Dapat Bantuan dari Pemkot

"Nah setelah diarahkan melintasi Klemuk tak sedikit yang mengalami rem blong dan membuat celaka pengendara. Kami akan berkomunikasi dengan Google bulan depan untuk merealisasikan usulan penghapusan itu saat acara Smart City," ujar, Rabu 31 Mei 2023. 

Terpisah, Kasat Lantas Polres Batu, AKP Lya Ambarwati mengatakan jika memang kendaraan berat di larang melintas jalur Klemuk, tapi banyak pengendara yang nekat menerobos meski sudah ada rambu-rambu hati-hati dan larangan kendaraan berat melintas.

Pekan Panutan Pajak, Mas Adi Tekankan Pentingnya Kesadaran Membayar Pajak 

"Tapi mereka tetap saja nekat melintas supaya lebih cepat, dari pada harus memutar melintasi Jalur Payung. Dan informasi yang saya dapat memang banyak pengendara yang tidak tahu kondisi medan setelah diarahkan oleh Google Maps dan alami rem blong," tuturnya.

Perlu diketahui, Jalur Klemuk memiliki medan ekstrim dengan kemiringan hampir 60 derajat. Seringnya kecelakaan membuat masyarakat dan relawan berinisiatif membuat jalur penyelamatan.

Halaman Selanjutnya
img_title