Hasil Labfor, Penyebab Kebakaran Malang Plaza Karena Listrik Bukan Sengaja Dibakar

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Tim Labolatorium dan Forensik (Labfor) Polda Jatim telah merampungkan penyelidikan penyebab kebakaran Gedung Malang Plaza yang terjadi pada Selasa, 2 Mei 2023 lalu. Penyelidikan dilakukan selama 10 hari untuk mencari awal mula titik api muncul. 

Upaya Perlindungan Anak di Kota Pasuruan Mendapat Apresiasi Tim Kunjungan UNICEF

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto mengatakan, tim Labfor telah menguji sejumlah sampel kebakaran yang diambil dari sisa-sisa kebakaran di Gedung Malang Plaza. Diantaranya, abu arang dan kabel. Kandungan di benda-benda itu diuji oleh tim Labfor. 

"Kesimpulan hasil Labfor ada instalasi listrik terbakar parah hingga meleleh dan putus, artinya terbukti ada kebocoran arus listrik. Pemeriksaan sampel menggunakan GCMS didapatkan hasil negatif atau tidak mengandung bahan bakar pelarut yang bisa menyalakan api," kata Budi, Selasa, 16 Mei 2023.

Mantan Ketua DPRD Jombang Kritik Rencana Pembelian Mobdin Untuk Pimpinan Baru

Perwira yang akrab disapa Buher ini mengatakan, bahwa lokasi api pertama kali terbakar berasal dari dalam gedung bioskop yang terletak di lantai 3. Api diduga berasal dari panas yang bersumber pada kebocoran arus listrik. 

"Lokasi api pertama kebakaran di dalam bioskop di depan panggung studio 1. Panas akumulaai akibat kebocoran arus listrik. Membakar media di sekitar, sepeeti kertas plastik kain kayu dan spons," ujar Buher. 

Sopir Angkot hingga Ojol di Kota Batu Sumringah Usai Dapat Bantuan dari Pemkot

Sejauh ini, polisi sudah memeriksa 9 saksi mulai dari security, cleaning service, teknisi, hingga pengelola Malang Plaza. Meski hasil dari Labfor sudah turun, namun penyelidikan kebakaran tetap berjalan. Kasus ini kini ditangani oleh Polresta Malang Kota. 

"Dalam proses penyelidikan, hasilnya terbakar oleh kabel. Bukan dibakar kami tidak mungkin tetapkan tersangka asal-asalan," tutur Buher.