Pemkot Malang Pastikan Stok Beras Untuk Lebaran 2023 Cukup

Wali Kota Malang, Sutiaji
Sumber :
  • Viva Malang

MalangWali Kota Malang, Sutiaji meminta masyarakat di wilayahnya tetap tenang karena stok ketersediaan beras dalam kategori tercukupi. Stok beras dinyatakan aman untuk menyambut ramadhan dan lebaran 2023. 

Usai Dipecundangi Persebaya, Widodo : Kecewa Secukupnya Tatap Laga Selanjutnya

"Beras masih mencukupi, ketersediaan beras tercukupi. Jadi tidak usah ada kecemasan," kata Sutiaji, Selasa, 28 Maret 2023. 

Sutiaji mengungkapkan, saat ini yang sedang dibahas bersama Tim Pengendali Inflasi Pusat maupun daerah adalah stok gabah yang habis di gudang bulog. Penyebabnya, ada perbedaan harga gabah kering Bulog dengan harga gabah kering di petani. 

Motivasi dari Widodo C Putro untuk Pemain Arema FC Usai Tumbang Dari Persebaya

"Harga standar pasar dan harga standar Bulog tak sama. Jadi tidak dapat barang karena harga di pasar lebih tinggi untuk diambil Bulog," ujar Sutiaji. 

Sementara Wakil Pimpinan Cabang Bulog Malang, Wira Hutomo memastikan mereka akan tetap menyerap gabah dan beras di wilayah kerjanya. Mulai dari Malang Raya, Kabupaten Pasuruan hingga Kota Pasuruan. Catatan tahun lalu, mereka merealisasikan serapan hingga 4.700 ton. Bulog Malang menyerap gabah dan beras dari petani sesuai kriteria yang ditentukan. 

KoinWorks Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi Melalui Yoga

"Kriteria itu, kualitasnya medium, kadar airnya sesuai standar dan tingkat kerusakan tidak tinggi. Syarat lain yang sangat menentukan adalah harga. Jadi kalau untuk target serapan, sifatnya top-down, sesuai instruksi dari pusat,” tutur Wira.

Sebagai informasi, saat ini stok beras di Bulog Malang mencapai 1.600 ton. Beras ini merupakan kategori cadangan beras pemerintah (CBP). Beras yang disiapkan ini diperuntukkan bagi 5 wilayah, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kabupaten Pasuruan dan Kota Pasuruan.