Banyak Taman di Kota Malang Gelap Gulita Karena Lampu di Curi

Instalansi lampu taman di seputar Alun-alun Tugu Kota Malang
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Sejumlah taman di Kota Malang kurang pencahayaan atau penerangan. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat menyebutkan bahwa penyebab taman kurang penerangan karena instalansi lampu banyak dicuri. 

KoinWorks Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi Melalui Yoga

"Sekarang banyak taman kota pada gelap semua. Mau tidak gelap gimana, instalasinya sudah dicuri orang semua," kata Kepala DLH Kota Malang, Noer Rahman, Kamis, 26 Januari 2023. 

Tercatat di Kota Malang saat ini ada 98 taman kota dan 8 hutan kota. Dengan jumlah itu tidak bisa tercover sepenuhnya oleh DLH Kota Malang. Penyebabnya Pemkot Malang tak menganggarkan perawatan insidentil terkait persoalan kerusakan fasilitas taman di 2022. 

Taman Krida Budaya Jatim Bakal Dibangun Jadi Hotel Berbintang dan Sentra Kuliner

Noer Rahman menuturkan, bahwa di 2023 ini mereka akan mendapat anggaran perawatan taman. Dana inilah yang akan dimaksimalkan untuk memperbaiki lampu yang dicuri oleh orang.

"Mudah mudahan bisa terakomodir dalam konsep pemeliharaan RTH. Karena sekarang DLH sudah diberi anggaran baik rutin maupun insidentil. Jadi di titik titik taman kota seperti Taman Simpang Balapan, Veteran dan taman lain di jantung kota nanti akan kami perbaiki dan ditata kembali serta diberi penerangan yang cukup," ujar Noer Rahman.

TPP ASN Pemkot Batu Terancam Tak Cair

Dana yang disiapkan sebesar Rp5 miliar. Tetapi anggaran sebesar itu terbagi dua yakni, dana perawatan rutin dan perawatan insidentil. Selain dana dari APBD mereka akan mencari dana sosial perusahaan atau CSR untuk mencukupi dana perawatan taman dan hutan kota yang ada di Kota Malang.  

"CSR taman kota juga banyak yang mati. Seperti di hutan kota, alun alun tugu juga sudah habis. Untuk penambahan lampu taman hingga PJU yang sekarang banyak sisi sisi gelap itu akan kami coba hidupkan kombinasi APBD dengan CSR. Itu sudah kami siapkan konsepnya," tuturnya.