Pemkot Malang Pastikan Ujicoba Satu Arah di Kayutangan Heritage Sudah Final

Rencana ujicoba satu arah di Kayutangan Heritage
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Perhubungan setempat memastikan rencana ujicoba jalur satu arah di Kayutangan Heritage sudah final. Namun, untuk tanggal ujicoba yang sedianya dilakukan pada 23 Januari 2023 mendatang belum bisa dipastikan. 

Tak Hanya Bantu Daftar Merek, Mebiso Juga Bantu Pemasaran Online Secara Gratis

"Kalau perkembangannya mengatakan hal yang lain, tanggalnya diubah. Sangat mungkin berubah. Kapannya, akan kami umumkan lebih lanjut. Dengan pertimbangan lagi. Namun saya harus berani menetapkan saat itu bahwa rencana uji coba di tanggal 23," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) kota Malang, Widjaja Saleh Putra, Senin, 16 Januari 2023. 

Rencana ujicoba satu arah di kawasan Kayutangan Heritage ini awalnya akan berlangsung selama 3 bulan. Untuk jangka waktu ujicoba ini akan mengalami perubahan menjadi 3 pekan saja. Hal ini dipilih setelah bertemu dengan perwakilan sopir angkutan umum yang sering melewati trayek di kawasan sekitaran Kayutangan. 

Modal PDIP Jombang saat Cari Calon Bupati dan Wakil Bupati Untuk Pilkada 2024

"Kita diskusi, sosialisasi jelang uji coba. Penerapan uji coba 3 minggu. Itu pun sangat mungkin berubah. Apapun yang dihasilkan sekarang, kita jalani dulu," ujar Widjaja. 

Widjaja mengatakan alasan membuat ujicoba satu arah adalah bagian dari rekayasa lalu lintas untuk mengatasi kemacetan. Apalagi Kota Malang merupakan salah satu kota termacet kedua di Indonesia. 

Mebiso Bantu Pendaftaran Merek Gratis untuk Produk Penyintas ODGJ di Malang

"Infrastruktur jaringan jalan kita ini sangat-sangat terbatas. Sulit untuk mengembangkan. Maka yang paling mungkin dilakukan adalah manajemen rekayasa lalu lintas dan angkutan jalan. Bahwa Malang ini adalah wilayah 4 besar, masuk nomor 2 di Indonesia yang termacet. Maka, rekayasa itu harus dilakukan bersama-sama," tutur Widjaja.

Sementara itu, Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan, ujicoba dilakukan untuk mengukur sejauh mana efektivitasnya. Apalagi Rapat Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (FLLAJ) Kota Malang juga belum menemui titik terang rencana uji coba. 

Halaman Selanjutnya
img_title