100 Hari Tragedi Kanjuruhan, Mahfud MD: Proses Hukum Terus Berjalan

Menkopolhukam Mahfud MD
Sumber :
  • istimewa

MalangTragedi Kanjuruhan yang terjadi pada 1 Oktober 2022 lalu, sudah terhitung 100 hari. Terkait hal tersebut, Menteri Koorfinator Bidang Politik, Hukum dan Kemanana (Menkopolhukam) Mahfud MD menyatakan bahwa proses hukum terus berjalan

Wujudkan Emansipasi Wanita, Ada Penampakan Baru pada Pelayanan SIM Satlantas Polres Jombang

"Ya kan terus berjalan ya, Kanjuruhan berjalan. Saya kemarin baru menerima keluarga korban yang mengeluh bahwa mereka tidak puas dengan penanganan, ya tidak ada yang puas. Polisi juga tidak puas, kita juga tidak puas," kata dia.

Sekitar empat hari lalu, kata dia, pihaknya sudah menggelar rapat bersama Mabes Polri, Kejaksaan Agung, Kapolda Jatim dan Kepala Kejaksaan Tinggi Jatim. Semuanya, kata dia, sepakat mengakselerasi rekomendasi dari Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) peristiwa di Kanjuruhan. Bahkan, Mahfud mengklaim hampir semua rekomendasi TGIPF sudah berjalan.

Polres Malang Bongkar Praktik Industri Rumahan Sabu di Jatim

"Reformasi, transformasi pengurus besok tanggal 16 Februari, kemudian peraturan Polri agar pertandingan sesuai FIFA yang selama ini tidak diindahkan, sudah ada aturannya dibuat Polri berdasarkan rekomendasi TGIPF," katanya.

Lebih lanjut mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini mengatakan, dirinya setuju kalau pasal yang diterapkan dalam kasus ini adalah Pasal 340 KUHP soal pembunuhan berencana yang diminta keluarga korban. Namun, Mahfud mengatakan hal tersebut ranah polisi. Kalau boleh, Mahfud maunya dihukum mati saja. 

Rekayasa Lalin di Sawojajar Dilakukan 5 Hari, Efek Pipa PDAM dan Jalan Ambles

"Kalau mau ya saya hukum mati aja tuh, 135 orang kan (korbannya)? tetapi kan tidak ada pasal untuk menyatakan itu," katanya lagi