Guru di Malang Dibekali Pendidikan Karakter Anak, Untuk Cegah Perundungan

Wali Kota Malang, Sutiaji disambut siswa
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA Wali Kota Malang, Sutiaji mengingatkan akan bahaya penyakit psikologis pada anak-anak sekolah. Kemajuan teknologi dan kebebasan mengakses informasi melalui internet menjadi ancaman bagi munculnya penyakit psikologis pada anak. 

Dilirik UNESCO, Kota Malang Bakal Jadi Kota Kreatif Dunia pada 2025

"Kalau anak tidak disiapkam kekuatan mentalnya, akan terjadi kejutan psikologis, sehingga ada pelarian dari kenyataan. Saat ini tren penyakit yang meningkat adalah penyakit psikologis, karena kesiapan karakter anak yang belum dikuatkan. Maka dengan pendidikan karakter, anak makin siap mental, adaptatif menyesuaikan tuntutan zaman," kata Sutiaji, Jumat, 11 Agustus 2023. 

Sutiaji mengatakan, jika mental anak-anak sekolah dasar dikuatkan harapanya ada kemampuan tertentu yang dimiliki. Sebab, anak yang berkarakter adalah mereka yang bangga dengan diri sendiri. 

Penggemar Modena di Malang Kini Dimanjakan Dengan Inovasi Produk Baru

"Pendidikan karakter sangat penting, kalau dulu dituntut mata pelajaran yang bagus. Inilah nanti ke depan dengan pendidikan karakter anak sudah muncul dengan bakatnya sendiri. Makanya saya konsern dengan masalah pendidikan katakter anak," ujar Sutiaji. 

Di Kota Malang digelar pengembangan karakter anak melalui guru dan orangtua di 5 Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Pelatihan ini dilakukan oleh PT Pertamina Retail melalui kegiatan corporate social responsibility (CSR). 

Pawai Budaya Kota Malang, Wahyu Hidayat Diserbu Emak-emak Diajak Selfie

Daerah Tanjungrejo dipilih karena berdasarkan survei termasuk daerah yang rawan perundungan pada anak. Bahkan kasus peredaran narkoba di daerah ini cukup tinggi. Untuk itu mereka menyasar SD di Tanjungrejo. 

"Berdasarkan survei tim kami, itu banyak anak disini yang mendapat bullying. Peredaran narkoba cukup tinggi," tutur Ambassador Region V Pertamina Retail, Hariz Musmar

Halaman Selanjutnya
img_title