Mahasiswa UB Juara 2 di Indonesia Chemical Reaction Car Competition

Tim ATOM Chem-E-Car UB
Sumber :
  • Humas UB

Malang – Tim ATOM Chem-E-Car Universitas Brawijaya (UB) atau Tim ATOM Nawasena berhasil meraih juara dua dalam ajang Indonesia Chemical Reaction Car Competition (ICRCC) 2023. Kompetisi ini digelar di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya pada Minggu, 14 Mei 2023.

Pembelaan Arema FC Soal Predikat Tim Liga 1 Paling Sering Dapat Penalti

Tim ATOM Chem-E-Car UB beranggotakan Muhamad Irfan, Putu Audley Divania Putri, Nabila Oktavia, Fajar Adianto Aribowo, Desty Octavianti, dan Mayland Faizal Al Chuzamy.

Tim ini berada di bawah bimbingan Bambang Poerwadi, dan Supriyono. Tim ATOM berhasil unggul dan menjadi finalis bersama 15 tim lainnya setelah melewati serangkaian seleksi konsep prototipe mobil.

Opini : Kemenangan Prabowo Gibran dan Mimpi Indonesia Emas 2045

“Seluruh tim diminta menunjukkan keunggulan prototipe masing-masing di hadapan para juri dan peserta,” kata salah satu anggota tim, Muhamad Irfan, Rabu, 17 Mei 2023.

ICRCC sendiri, adalah kompetisi internasional yang diadakan untuk mahasiswa sarjana. Mereka diminta untuk merancang dan membuat prototipe mobil yang digerakkan oleh reaksi kimia yang akan membawa beban tertentu dengan aman dalam jarak tertentu dan berhenti.

Dirjen HAM dan Pimpinan UPT Kemenkumham Jatim Kunjungan Kerja ke PT Taspen Cabang Malang

“Kompetisi ini bertujuan untuk menunjukkan kemampuan peserta dalam mengontrol reaksi kimia,” ujarnya. 

Ada sejumlah tahapan yang harus dilalui yakni diawali dengan Test Run, dimana setiap tim diberikan waktu untuk memperhitungkan seberapa banyak bahan kimia yang dibutuhkan agar mobil tersebut dapat melaju dan berhenti dengan sendirinya.

Halaman Selanjutnya
img_title