Prodi Pendidikan Profesi Guru UMM Bertekad Cetak Guru Kompeten

Prodi Pendidikan Profesi Guru UMM
Sumber :
  • Humas UMM

Malang – Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bertekad mencetak guru profesional yang berkomitmen. Mereka pun membuat orientasi akademik bagi mahasiswa pra jabatan PPG beberapa waktu lalu. 

Arema FC Ucapkan Perpisahan Untuk Teguh Amirudin

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMM Trisakti Handayani, mengungkapkan bahwa inovasi yang ditelurkan PPG UMM berbeda-beda tiap angkatan. Beberapa tahun lalu pihaknya mendorong mahasiswa untuk mengembangkan pembeljaran berbasis virtual reality. Adapula dengan menyusun buku antologi ber-ISBN tentang pengalaman mengajar di berbagai daerah oleh para guru.

“Kita selalu mencoba mendorong mahasiswa untuk mencapai potensi yang dimiliki, khusunya dalam bidang pendidikan. Kami juga terus berupaya meningkatkan pemahaman mereka terkait pembelajaran digital. Bahkan kami mengundang sederet ahli untuk menjelaskan bagaimana menyusun strategi pendidikan berbasis digital,” kata Trisakti, Selasa, 13 Desember 2022. 

Lippo Plaza Batu Hadirkan Wahana Bowling Pertama di Malang Raya

Trisakti, mengatakan bahwa inovasi-inovasi tersebut membuahkan hasil yang baik. Pada 2022, persentase kelulusan mahasiswa UMM di Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Guru (UKMPPG) diklaim cukup tinggi. 

Untuk PPG pra jabatan, tingkat kelulusannya mencapai 100 persen, sementara PPG Kemdikbudristek dalam jabatan (daljab) mencapai lebih dari 83 persen. Terakhir, tingkat kelulusan PPG daljab Kemenag berada di angka lebih dari 92 persen. 

Polda Jatim Benarkan Ada Laporan Dugaan Kecurangan Pileg 2024 di Dapil V Malang Raya

"Inovasi-inovasi itu juga sesuai dengan visi UMM yang bertujuan melahirkan generasi muda dengan skill-skill masa depan," ujar Trisakti.

Rektor UMM Fauzan, mengatakan bahwa guru tidak hanya menjadi pengajar, tapi juga pendidik. Jika pengajar bertugas untuk transfer ilmu, berbeda dengan pendidik yang mentransfer nilai.

Halaman Selanjutnya
img_title