RSUB Lakukan Uji Klinis Deteksi Dini Penyakit Autoimun Kelenjar Tiroid

Uji klinis deteksi dini penyakit autoimun kelenjar getah bening
Sumber :
  • Humas UB

MalangUniversitas Brawijaya melaksanakan Uji Klinis Kit Deteksi Dini Penyakit Autoimun Kelenjar Tiroid pada Ibu Hamil. Uji Klinis dilakukan di Rumah Sakit UB (RSUB) kepada 24 pasien dari Bagian Penyakit Dalam yang memenuhi kriteria pada Selasa, 4 Oktober 2022. 

Taman Krida Budaya Jatim Bakal Dibangun Jadi Hotel Berbintang dan Sentra Kuliner

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Aulanni’am, mengatakan Uji Klinis ini dalam Rangka Program Penelitian RISPRO LPDP dengan tajuk “Deteksi Dini Autoimmune Thyroid Disease Melalui Rapid Test Berbasis Thyroid Peroxidase (TPO) dan Thyroid Stimulating Hormon Reseptor (TSHR) Untuk Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil”.

“Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam penelitian yang berjalan sejak September 2020 dengan pendanaan LPDP Kemenkeu RI selama 3 (tiga) tahun sampai dengan 2023,” kata Prof Aul, Minggu, 23 Oktober 2022. 

TPP ASN Pemkot Batu Terancam Tak Cair

Tujuan dari penelitian ini adalah terwujudnya kit deteksi penyakit Autoimmune Thyroid Disease (AITD) dengan marker TPO-TSHR yang bererdar di masyarakat. Tujuannya sebagai upaya dalam pencegahan penyakit akibat gangguan thyroid autoimun yang dapat menyebabkan berbagai dampak. 

Dampak ini terutama pada Ibu hamil dapat menyebabkan keguguran berulang, berat bayi lahir rendah (BBLR), IQ anak rendah dan kondisi stunting.

Upaya Perlindungan Anak di Kota Pasuruan Mendapat Apresiasi Tim Kunjungan UNICEF

"Pelaksanaan uji klinis ini dilakukan selaras dengan Permenkes No. 63 Tahun 2017 tentang Cara Uji Klinis Alat Kesehatan yang Baik (CUKAKB)," imbuhnya. 

Peraturan ini mengatur pelaksanaan tahap 1 dilaksanakan berdasarkan prevalensi kejadian penyakit pada populasi. Program penelitian ini terwujud berkat kolaborasi UB dengan PT Bio Farma (Persero) sebagai salah satu produsen produk life science di Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
img_title