Ribuan Atlet Pencak Silat Ikuti Championship 2 di Kota Batu

Saat para atlet silat cilik berlaga.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Ribuan pesilat dari perguruan yang ada di Jawa Timur mengikuti Kejuaraan Pencak Silat Championship ke 2 yang digelar oleh Akademi Pencak Silat (APS) Kota Batu mulai 13-15 Oktober 2023 di GOR Gajahmada Kota Batu.

Diganjar Pemuda Inspiratif, Fairouz Huda : 'Saya Persembahkan Untuk Ibu Khofifah dan Mas Emil'

Kejuaraan yang dibuka untuk jenjang SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi, dan umum ini sekaligus untuk memeriahkan Hari Jadi ke 22 Kota Batu yang jatuh pada 17 Oktober 2023 serta mencari bibit-bibit unggul atlet silat, menggerakkan perekonomian, dan mendukung sport tourism di Kota Batu. 

Ketua Pelaksana, Suwito mengatakan sebenarnya kejuaraan ini digelar bagi para atlet Kota Batu atau Malang Raya, namun antusias pesilat dari luar daerah khususnya Jawa Timur sangat tinggi sehingga panitia tidak bisa menolak. 

Bawaslu Kota Batu Buka Pendaftaran Panwascam, Simak Ini Syarat dan Jadwalnya

"Jadi sebenarnya kejuaraan ini spontanitas dari APS, ternyata banyak peserta dari luar daerah yang daftar. Panitia pun tak bisa menolak, dari rencana awal kami perkirakan hanya 200-300 peserta tapi sekarang sudah tembus kurang lebih 1.500 peserta," katanya. 

Melihat antusias cukup luar biasa, Wito sapaannya berharap kejuaraan bisa menjadi agenda tahunan untuk memperingati Hari Jadi Kota Batu. Pasalnya, banyak dampak positif yang bisa didapat dari kejuaraan.

Ini Nama 50 Calon Terpilih Anggota DPRD Jombang yang Ditetapkan KPU

"Misalnya menggeliatkan roda perekonomian. Sebab para atlet dan orang tua yang mengantar mereka tentu juga menginap di Kota Batu, selain itu makanan dan jajanan yang dijajakan oleh PKL di sekitar GOR Gajahmada semakin menggeliat," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq mengaku sangat mengapresiasi kejuaraan yang digelar oleh APS karena mampu meningkatkan kunjungan wisata serta menggeliatkan perekonomian Kota Batu. 

Halaman Selanjutnya
img_title