5 Fakta Menarik Timnas U-16 Usai Pecundangi Vietnam di Final AFF

Pemain Timnas U-16 Kafiatur Rizky
Pemain Timnas U-16 Kafiatur Rizky
Sumber :
  • Instagram PSSI

Malang – Perjuangan Timnas Indonesia U-16 di ajang Piala AFF U-16 2022 terbayar dengan tuntas. Mereka keluar sebagai juara usai menaklukkan Vietnam di partai final dengan skor tipis 1-0. 

Laga ini digelar di Stadion Maguwoharjo pada Jumat malam WIB 12 Agustus 2022 berlangsung sengit. Intensitas permainan langsung tinggi sejak menit awal, kedua tim bermain dengan semangat juang tinggi demi meraih gelar juara.

Stadion Manguwoharjo bergetar saat Indonesia berhasil mencetak gol. Adalah Kafiatur Rizky yang mencetak gol di menit akhir babak pertama. 

Di babak kedua, The Golden Star berusaha mengejar. Skuad asuhan Bima Sakti Tukiman juga tidak mau kalah, mereka mengincar gol kedua. Namun tidak ada gol tambahan tercipta, skor 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. 

Berikut lima fakta menarik usai Timnas U-16 menjadi kampiun ajang Piala AFF U-16 2022 dilansir berbagai sumber:

1. Ini jadi trofi kedua Tim Garuda Asia di ajang Piala AFF U-16. Pertama kali trofi ini mampir ke Indonesia yaitu di tahun 2018 kala Timnas U-16 dinakhodai oleh Fakhri Husaini.

2. Satu sosok yang ikut berbahagia adalah sang pelatih Bima Sakti Tukiman. Ini merupakan trofi pertama yang didapat Bima Sakti saat menjabar sebagai pelatih. 

3. Timnas U-16 menempatkan wakilnya, Nabil Asyura sebagai pencetak gol terbanyak Piala AFF u-16 2022. Nabil total mencetak 4 gol di ajang tersebut.

4. Gelar juara ini bisa menjadi kebahagiaan untuk rakyat Indonesia karena trofi tersebut didapat jelang peringatan HUT RI ke-77 yang jatuh pada 17 Agustus 2022 mendatang. 

5. Bima Sakti memperpanjang catatan positif sebagau pelatih yang belum pernah kalah dari Vietnam. Total sudah 4 kali Bima bertemu.