Indonesia Diganjar Kartu Kuning oleh FIFA atas Batalnya Piala Dunia U-20

Erick Thohir, Ketua Umum PSSI
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Malang – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengungkapkan bahwa Indonesia hanya diberi kartu kuning atas batalnya perhelatan Piala Dunia U-20 di Indonesia. PSSI hanya diberi sanksi administrasi oleh organisasi sepakbola internasional ini. 

Modal PDIP Jombang saat Cari Calon Bupati dan Wakil Bupati Untuk Pilkada 2024

"Saya hanya bisa berucap, Alhamdulillah, atas rahmat Allah SWT dan doa dari seluruh rakyat Indonesia khususnya para pecinta sepakbola Indonesia bisa terhindar dari sanksi berat pengucilan dari sepakbola dunia. Istilahnya, Indonesia hanya mendapat kartu kuning, tidak kartu merah," kata Erick dalam siaran persnya, Kamis, 6 April 2023. 

Erick sendiri telah bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Paris, Perancis. Dia melakukan negosiasi sekaligus mempresentasikan kepada FIFA blueprint transformasi sepakbola Indonesia atas arahan Presiden Joko Widodo. Erick juga menjabarkan komitmen pemerintah Indonesia dalam merenovasi 22 stadion yang dipakai untuk kegiatan tim nasional dan liga. 

Mebiso Bantu Pendaftaran Merek Gratis untuk Produk Penyintas ODGJ di Malang

"Setelah saya menyampaikan pesan Presiden Jokowi, dan menjelaskan cetak biru sepakbola kita, FIFA hanya memberikan sanksi administrasi berupa pembekuan dana FIFA Forward untuk keperluan operasional PSSI. Hal itu akan direview kembali setelah FIFA mempelajari strategi besar pengembangan sepak bola Indonesia," ujar Erick. 

Erick menyebut, sanksi administrasi yang diberikan FIFA di satu sisi merupakan sebuah pembelajaran dan berkah bagi sepakbola Indonesia yang saat ini terus berbenah menuju perbaikan di semua sektor.

Satu Jiwa Beragam Karya Bersama Mebiso Dapat Apresiasi dari Taiwan

"Saya sudah berusaha maksimal saat bertemu dengan FIFA. Dengan sanksi ini, kita masih terus melanjutkan program transformasi sepakbola bersama FIFA. Dengan sanksi ini, kita tidak dikasih kartu merah, tapi kartu kuning sehingga kita bisa bermain dan berkompetisi di SEA Games pada akhir bulan ini," tuturnya.