Ini 15 Tokoh, Parpol dan Ormas Penolak Israel di Piala Dunia U-20

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

Malang – Status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 telah resmi dicabut oleh Federasi Sepak bola Dunia FIFA pada Rabu, 29 Maret 2023 kemarin. Pengumuman ini disampaikan usai pertemuan antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Doha, Qatar.

Cuaca Ekstrem, Harga Tomat dan Bawang di Pasar Jombang Meroket

Keputusan pahit FIFA ini membuat Indonesia rugi hingga miliaran rupiah karena telah berusaha mempersiapkan segalanya termasuk memperbaiki stadion. 

Tidak hanya itu, keputusan ini semakin menambah catatan negatif sepak bola Tanah Air. Sebelumnya, Indonesia juga menjadi sorotan karena tragedi Kanjuruhan yang membuat 135 orang meninggal dunia dan ratusan lainnya terluka. 

Banyak Peminat Dalam Sehari 75 Persen Kuota Mudik Gratis Pemkot Malang Habis

Pencabutan tuan rumah ini berawal dari kisruh penolakan kehadiran Israel di Piala Dunia U-20 Indonesia. Hal tersebut karena Israel yang di bawah kepemimpinan Benyamin Netanyahu penuh dengan kekerasan terhadap bangsa Palestina

Akibatnya, beberapa tokoh dan organisasi di Indonesia menolak kehadiran Israel sebagai bentuk solidaritas mereka terhadap Palestina. Israel juga merupakan penyebab Palestina menderita sejak beberapa tahun terakhir. 

Dianggap Sosok Ideal, Dukungan Untuk Mantan Kajari Pasuruan Maju Bupati Semakin Deras

Dua di antara penolakan tersebut datang dari Gubernur Bali, I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Wayan Koster bahkan mengirim surat kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang menolak Israel berlaga di Bali.

Sedangkan Ganjar Pranowo mengutip ideologi yang sempat dicetuskan oleh Presiden Pertama RI, Ir. Soekarno, mengenai perlawanan terhadap Israel yang dihubungkan dengan imperialisme. Selain kedua tokoh itu, ada beberapa organisasi yang juga menolak, berikut daftar selengkapnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title