Resmi, Kini Ada Presidium Nasional Suporter Sepakbola

Menpora, Zainudin Amali
Sumber :
  • PSSI

MalangMenpora Zainudin Amali resmi melakukan pengukuhan presidium nasional suporter sepakbola di Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Rabu 22 Februari 2023. Dia menyebut bahwa suporter sejatinya menjadi bagian penting dalam persepakbolaan.

Modal PDIP Jombang saat Cari Calon Bupati dan Wakil Bupati Untuk Pilkada 2024

Dia menganggap suporter adalah pemain ke-12. Amali pun menyebut, sebab maju atau tidaknya sebuah tim tidak terlepas dari peran suporter.

“Suporter menjadi bagian dari persepakbolaan kita. Jadi kita ingin supaya bagaimana kita bersama-sama mengelola suporter ini agar kemudian aman dan selamat,” kata Menpora yang juga Wakil Ketua Umum PSSI itu dikutip dari VIVA.co.id. 

Mebiso Bantu Pendaftaran Merek Gratis untuk Produk Penyintas ODGJ di Malang

Amali mengatakan wadah perjuangan suporter itu lahir dari sarasehan suporter beberapa waktu lalu. Selain itu, kegiatan ini dalam rangka mengimplementasi UU No 11 tahun 2022 Tentang Keolahragaan.

"Suporter olahraga sebagaimana dimaksud pada ayat (1) membentuk organisasi atau badan hukum suporter olahraga dengan mendapat rekomendasi dari klub atau induk organisasi cabang olahraga," bunyi pasal tersebut.

Satu Jiwa Beragam Karya Bersama Mebiso Dapat Apresiasi dari Taiwan

Lebih lanjut, Amali mengatakan, presidum ini akan berada di bawah Komite Ad Hoc Suporter yang rencananya akan dibentuk PSSI. "Mereka kemungkinan akan diwadahi oleh Komite Suporter yang dibentuk," ujar Amali. 

Adapun organisasi itu dipimpin oleh Uki Nugraha dan Tmmy Ermanto sebagai Wakil Ketua. Sedangkan Budiman A. Dalimunthe bersama tiga orang lainnya bertugas sebagai Dewan Pengawas PN-SSI. Sejauh ini, Budiman merupakan Ketua Divisi Pembinaan Suporter PSSI kepemimpinan Mochamad Iriawan.