Lintasan Lebih Mudah Pemohon SIM di Polres Batu Naik 20 Persen

Pemohon SIM melakukan uji praktik di Polres Batu.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Polres Batu klaim pengurusan SIM C meningkat 20 persen dan angka kelulusan meningkat mencapai 95 persen. Seperti yang disampaikan oleh Baur SIM Satlantas Polres Batu, Aipda As'ad mewakili Kasatlantas Polres Batu, AKP Lya Ambarwati, Senin 14 Agustus 2023. 

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

Hal ini diketahui setelah Korlantas Polri melakukan perubahan lintasan dalam uji praktik SIM yang diberlakukan sejak Senin 7 Agustus 2023. Materi ujian angka 8 dan zig-zag atau slalom juga telah dihapus lebih mudah menyerupai huruf 'S'.

"Sejak ada perubahan lintasan memang ada kenaikan jumlah pengurusan SIM mencapai 20 persen dari biasanya sehari 5 pemohon menjadi 7-8 pemohon. Selain itu keberhasilan uji praktik juga meningkat, hari pertama ada 12 orang yang ujian dan lulus 10 orang," katanya.

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

Rata-rata yang tidak lulus karena memang kurang fasih dalam mengendarai sepeda motor atau baru bisa. Pasalnya yang mendominasi sebagai pemohon para pelajar, namun untuk yang sudah fasih 90 persen bisa dipastikan lulus. 

"Pemohon tidak lulus biasanya karena saat dibelokkan kakinya turun. Tapi setelah kita suruh belajar dahulu atau mencoba mereka langsung lancar dan lulus," tuturnya.

Pemkot Pasuruan Remikan Gedung PLUT-KUMKM Dorong Kemajuan UMKM

As'ad menyampaikan bagi para peserta yang belum berhasil pada ujian praktik, dapat mengikuti ujian kembali sepekan lagi pada hari yang sama. Namun jika masih gagal juga, mereka disarankan belajar atau mengikuti latihan khusus yang disediakan Satpas SIM setelah jam pelayanan.

"Dengan kemudahan mengurus SIM ini ia menghimbau agar masyarakat tidak mengunakan jasa calo demi mendapatkan SIM. Menurutnya meski telah dimudahkan terkadang orang masih enggan mengurus sendiri," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title