Perkuat Langkah Bantu UMKM, Mebiso Kolaborasi dengan SMESCO Indonesia

Mebiso Saat Bertemu di Kantor SMESCO
Sumber :
  • istimewa

Malang – Pendaftaran merek bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki beberapa manfaat yang penting. Misalnya, para pelaku usaha dapat melindungi identitas unik dari produk atau layanan yang mereka tawarkan. 

Kadis Kominfotik Ajak KIM Kota Pasuruan Maksimalkan Penyebaran Informasi

Ini membantu mencegah pihak lain menggunakan merek yang sama atau serupa, yang dapat menyebabkan kebingungan di pasar dan merugikan reputasi bisnis. Selain itu, pendaftaran merek juga memberikan hak hukum yang kuat kepada UMKM untuk mengejar tindakan hukum terhadap pihak yang menyalahgunakan atau meniru merek mereka. 

Hal ini memberikan perlindungan hukum yang diperlukan bagi UMKM, terutama dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Selain itu, pendaftaran merek dapat meningkatkan nilai merek secara keseluruhan dan meningkatkan daya tarik bisnis di mata konsumen dan investor. 

Gelar Rembug Stunting, Pemkot Pasuruan Komitmen Entaskan Stunting Hingga Nol Kasus

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), hingga awal bulan Desember 2023, terdapat 114.130 total permohonan merek yang masuk. Rinciannya, 83.752 merek barang dan  30.274 merek jasa. Serta, merek kolektif sebanyak 104.

Untuk membantu tugas pemerintah dalam pendaftaran merek, Mebiso terus melakukan langkah strategis. Salah satunya dengan melakukan kunjungan ke kantor SMESCO Indonesia di Jakarta.

Buruan! iPhone SE 3 Banting Harga Jadi Rp2,4 Juta

“Disana, kami berdiskusi untuk memberikan edukasi yang tepat dan bermanfaat bagi pelaku UMKM. Akhirnya, kami sepakat untuk menggelar webinar secara online pada 3 April 2024,” kata CEO Mebiso, Hesti Rosa.

Kegiatan tersebut diikuti oleh lebih dari 100 UMKM seluruh Indonesia. Mereka sangat antusias mengikuti kelas edukasi mengenai pengajuan pendaftaran merek. Salah satunya, melalui jalur UMKM.

Halaman Selanjutnya
img_title