Sambut Ramadan, Masjid Jami' Darussalam Malang Bikin Pengajian Akbar dan Khitan Massal

Pengajian Akbar dan Khitan Massal Jemaah Masjid Jami' Darussalam
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA – Dalam rangka menyambut hadirnya bulan suci Ramdan 1445 H, Masjid Jami' Darussalam, RW 01, Kelurahan Mojolangu Kota Malang gelar bakti sosial khitan massal dan pengajian umum, Kamis, 7 Maret 2024. 

Datangi Rumah Para Guru, Cara Kadindik Jatim Peringati Hari Pendidikan Nasional

Ketua Takmir Masjid Jami' Darussalam, Ustaz Nachrowi mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan Masjid Jami' Darussalam. Namun, biasanya kegiatan digelar secara sederhana. 

"Alhamdulillah, atas izin Allah, di tahun ini ada penambahan kegiatan. Jadi yang biasanya digelar sederhana, namun setelah mendapatkan suport dan kekompakan pengurus takmir, remaja masjid, para pemuda di RW 01, dan tokoh-tokoh, acara ini diselenggarakan lebih besar dari sebelumnya," kata Nachrowi. 

Gowes Bareng MainSepeda Jadi Cara Pj Wali Kota Malang Gerakan Sport Tourism

Nachrowi juga menjelaskan, rangkaian kegiatan ini yakni khotmil Quran pagi setelah subuh, dilanjutkan khitan massal kepada 21 anak yatim dan dhuafa pada Pukul 08.30 WIB, sore sehabis ashar salawat nabi dari anak-anak. 

"Di sela salawat, ada pembagian sedekah kepada dhuafa. Malam bada Maghrib salawat lagi, ba'da Isya Tahlil Akbar dan dilanjutkan pengajian umum oleh Kiai Haji Nur Habibillah dari Jombang," ujarrnya. 

Mantan Wabup Pasuruan Diantar Para Ulama Daftar Cabup ke Kantor DPC PKB

Nachrowi juga menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini adalah menjalin dan mempererat ukhuwah. Karena ukhuwah menjadi hal yang sangat penting bagi kelestarian kedamaian di Indonesia, terutama ukhuwah diantara umat islam di negeri ini. 

"Islam adalah agama yang mayoritas dianut oleh bangsa Indonesia yang memiliki andil besar dalam menjaga kerukunan bangsa, dan ukhuwahlah yang menjadi pilar terpentingnya," tutur Nachrowi. 

Halaman Selanjutnya
img_title