Selamatan Dusun Pagergunung Kota Batu Usung Tema Harmoni Budaya dan Religi

Selamatan dan memanjatkan doa di Punden Jati Tunggal.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Ratusan warga Dusun Pagergunung, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu nampak antusias mengikuti kirab seni budaya dengan tema 'Harmoni Budaya dan Religi' untuk memperingati selamatan dusun, Sabtu, 2 Maret 2024.

Semakin Jauh Dari Zona Degradasi, Arema FC Tetap Gaspol

Secara bersama warga dan tokoh masyarakat berjalan kaki melakukan kirab tumpeng diiringi pertunjukan budaya mengelilingi jalan-jalan di sekitar dusun setelah menggelar selamatan di Punden Jati Tunggal

Tokoh masyarakat setempat, Sudjono Djonet mengatakan acara tahunan ini memiliki tujuan untuk memohon keberkahan dari sang pencipta, serta menjaga keharmonisan dan persatuan di antara warga.

Kalahkan Korea Selatan U23, Erick Thohir Bangga Indonesia U23 Lolos Semifinal Piala Asia U23 2024

"Kami berharap selamatan ini akan membawa berkah bagi kita semua. Semoga kita tetap bersatu dan saling mendukung satu sama lain dalam menghadapi segala cobaan dan kesulitan. Terlebih usai adanya pesta demokrasi beberapa waktu lalu," katanya.

Selain doa-doa dan harapan, acara ini juga diisi dengan berbagai kegiatan tradisional tetapi untuk mempererat hubungan antar warga. Harapannya dengan semangat gotong royong dan kebersamaan yang dijunjung tinggi, mereka dapat meraih kemakmuran dan kebahagiaan yang sejati. 

Segini Gaji Petugas PPK pada Pilkada 2024 Jombang

"Jadi keseimbangan antara wisata artifisial dan wisata kultural sangatlah penting karena memiliki nilai-nilai moral sesuai tema yang diusung. Sebab hidup harus seimbang, dari segala aspek kunci kehidupan yaitu keseimbangan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq mengaku sangat mendukung kegiatan selamatan dusun yang digelar rutin ini bisa menarik perhatian wisatawan.

Halaman Selanjutnya
img_title