Mengenal Aedes Aegypti, Nyamuk Penyebab 5 Orang di Jombang Meninggal Dunia

Ciri-ciri nyamuk aedes aegypti penyebab DBD.
Sumber :
  • Unsplash/National Institute of Allergy and Infectious Diseases

Malang, VIVA – Penyakit demam berdarah dengue atau DBD adalah penyakit yang ditularkan oleh virus dengue melalui gigitan nyamuk aedes aegypti. Paling banyak, penyakit DBD ini terjadi di daerah tropis dan subtropis.

Viral Dugaan Pemerasan di Lawang, Polres Malang Lakukan Penyelidikan

Dalam beberapa kasus, jika yang terjangkit virus dengue ini tidak segera mendapatkan penanganan, penyakit DBD ini bisa menyebabkan berbagai komplikasi serius, bahkan kematian.

Salah satunya seperti yang terjadi di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Berdasarkan data yang diperoleh jurnalis VIVA Malang, ada sebanyak 5 orang yang dilaporkan meninggal dunia akibat penyakit DBD.

Wanita Muda Asal Jakarta Ditemukan Tewas di Bawah Jembatan Tunggulmas Kota Malang

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya hal tersebut, penting untuk kita semua mengetahui ciri-ciri nyamuk penyebab DBD. Lantas, apa saja ciri-ciri nyamuk aedes aegypti penyebab DBD? Simak paparan berikut ini.

Apa itu Nyamuk Aedes aegypti penyebab DBD?
Sebagaimana dilansir dari laman Siloam Hospital, nyamuk penyebab DBD ini dikenal dengan sebutan nyamuk aedes aegypti. Nyamuk ini membawa virus dengue penyebab DBD dan menularkannya pada tubuh manusia melalui gigitan.

Aksi Pencuri 'Obok-Obok' Sekolah SMA di Jombang Terekam CCTV

Namun, perlu diketahui bahwa hanya nyamuk aedes aegypti betina yang bisa menyebarkan virus dengue tersebut. Sementara, untuk nyamuk aedes aegypti jantan tidak menyebarkan virus.

Nyamuk aedes aegypti ini tidak hanya menjadi agen yang bisa menyebarkan virus penyebab penyakit DBD, tetapi juga bisa membawa virus zika, chikungunya, dan demam kuning.

Halaman Selanjutnya
img_title