Museum Musik Indonesia Bakal Gelar Puncak Hari Musik Nasional di UB

Museum Musik Indonesia bakal peringati Hari Musik Nasional
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVAHari Musik Nasional diperingati setiap 9 Maret. Ini sekaligus hari kelahiran WR Supratman, tokoh nasional pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya. Museum Musik Indonesia (MMI) bakal mengelar berbagai event untuk menyambut Hari Musik Nasional. 

Ribuan Penonton Padati Nobar Garuda Muda di Pasar Induk Among Tani

Mereka akan menggelar puncak Hari Musik Nasional di Hall UB TV yang berada di Gedung Rektorat Universitas Brawijaya pada, Sabtu 2 Maret 2024. Semangat peringatan ini adalah mengenang jasa WR Supratman sebagai pencipta lagu kebangsaan. 

"Kami akan melaunching lagu mars MMI. Kemudian melaunching buku 20 koleksi unggulan MMI hingga apresiasi penyumbang koleksi MMI di Malang. Sebagaimana kita ketahui, kita bisa memiliki Museum Musik Indonesia ini juga atas sumbangsih masyarakat," kata Dewan Pengawas MMI, Hengki Herwanto, Minggu, 25 Februari 2024. 

Mas Dion, Kader Militan PKB Mantap Maju Cabup Pasuruan 2024

Hengki menjelaskan, buku 20 koleksi unggulan MMI disusun oleh tim MMI bersama Wikimedia. 20 koleksi tersebut merupakan hasil kurasi dari sekitar 40.000 benda benda koleksi museum dengan kriteria tertentu. Mulai aspek sejarah, pendidikan, pengetahuan dan kebudayaan.

Saat ini koleksi MMI tak hanya berasal dari Malang atau Indonesia saja. Namun juga ada koleksi dari hibah luar negeri. Sementara untuk sharing session bertajuk Life and Management Wisdom akan diisi oleh Ketua Dewan Pembina MMI, Pongki Pamungkas.

Live Streaming Indonesia U23 vs Uzbekistan U23 di RCTI dan Vision+

Sementara itu, Ketua MMI, Ratna Sakti Wulandari menuturkan berbagai event tersebut rencananya juga akan menghadirkan penampilan MMI’s Band yang menyanyikan lagu lagu populer tahun 70-80an. Ada 200 undangan yang akan dihadirkan. 

Rencananya, penyanyi keroncong dari Jakarta, Tuti Maryati selaku Kepala Yayasan Musikesatu, organisasi yang peduli pada pelestarian musik keroncong juga akan hadir.

Halaman Selanjutnya
img_title