Keren, Petani di Jombang Manfaatkan Tenaga Listrik untuk Budidaya Ikan

Tenaga listrik untuk budidaya ikan
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVAEnergi listrik sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Pemanfaatan energi listrik biasa dipergunakan peralatan rumah tangga maupun di sektor pertanian.

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Di Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, energi listrik dimanfaatkan untuk budidaya ikan oleh masyarakat setempat.

Seperti yang dilakukan, anggota Kelompok Tani Hutan (KTH) di Wonosalam, Suyitno. Dengan memanfaatkan energi listrik ia membudidayakan ikan.

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

"Energi listrik tidak hanya digunakan di sektor pertanian, tetapi juga untuk menunjang sektor perikanan. Dalam bisnis perikanan darat, peran listrik menjadi vital untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan kolam, mulai dari pembibitan hingga pemeliharaan ikan," kata Suyitno, Jumat, 15 Desember 2023.

Ia mengaku telah menggunakan energi listrik untuk mengelola 8 kolam ikan seluas kurang lebih berdiameter 4.

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

"Di sini kami usaha pembesaran ikan koi, dan ikan nila mulai dari benih hingga tumbuh besar. Untuk kolam ikan luas berdiameter 4. persegi dengan jumlah ikan sekitar 1.000 ekor per kolam," ujarnya.

Suyitno menyebut penggunaan tenaga listrik untuk mengoperasikan sarana pengelolaan kolam ikannya. Listrik digunakan untuk menggerakkan pompa air, menggerakkan alat pemberi makan otomatis, hingga penerangan.

Halaman Selanjutnya
img_title