Jelang Pemilu, Mafindo Bikin Kampanye Anti Hoaks di Alun-alun Merdeka Malang

Kampanye antisipasi berita hoaks
Sumber :
  • Istimewa/MAFINDO Malang

Malang, VIVA – Masyarakat Antifitnah Indonesia (MAFINDO) Wilayah Malang melakukan kampanye antisipasi berita hoaks jelang Pemilihan Umum 2024. Kampanye prebunking ini dilakukan di Alun-Alun Merdeka, Kota Malang pada Minggu, 22 Oktober 2023.

LPBH PBNU Bakal Lapor Polda Jatim atas Dugaan Pelanggaran Pengadaan Lahan Kampus UNISMA

Kampanye dilakukan dengan cara unik agar masyarakat turut antusias. MAFINDO menghadirkan keseruan dengan berbagai gim atau permainan antihoaks. Permainan itu seperti ular tangga, board games fandom, dan photo both. Peserta juga mendapatkan berbagai cenderamata menarik. 

“MAFINDO Malang mengajak masyarakat agar lebih waspada terhadap hoaks menjelang Pemilu 2024,” kata Koordinator Wilayah MAFINDO Malang, AA Ayu Mirah Krisnawati. 

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Ada berbagai misi dalam kampanye prebunking ini. Seperti, mencegah hoaks atau memberikan vaksin antihoaks. Karena, Pemilu rentan menjadi ajang penyebaran informasi hoaks yang dilakukan orang yang tidak bertanggung jawab. 

Kabar hoaks itu disebar diberbagai platform media sosial. Tujuannya untuk saling menjatuhkan dengan menyebarkan kampanye negatif dan kampanye hitam. Hoaks dapat menjadi salah satu ‘senjata’ untuk memenangkan pertarungan politik. 

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

"Prebunking, terbukti efektif mengatasi informasi yang salah dengan membangun kepercayaan di antara audiens. Yakni, melalui pendekatan berbasis logika," ujar Mira. 

Metode ini fokus pada taktik umum yang digunakan dalam penyebaran informasi yang salah. Sehingga paling baik yang diterapkan melalui studi kasus. MAFINDO memperkuat gerakan prebunking di berbagai wilayah termasuk Wilayah Malang. 

Halaman Selanjutnya
img_title