Pj Wali Kota Malang Bersama Relawan Lakukan 'Bersih-bersih Mudun Kali'

Bersih-bersih Mudun Kali
Sumber :
  • Humas Pemkot Malang

Malang, VIVA – Gerakan peduli lingkungan dilakukan oleh warga Kota Malang. Mulai dari jajaran Pemerintah Kota Malang, relawan dan warga ikut dalam Kerja Bakti 'Bersih-Bersih Mudun Kali', yang dilakukan pada ruas sungai di Jalan Sebuku RW 08, Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang pada, Minggu, 15 Oktober 2023. 

Arahan Pusat Partai Gerindra dan PSI Bersatu di Pilwali Kota Malang

Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat turun langsung memimpin proses pembersihan sungai bersama 200 orang yang tergabung dalam sejumlah komunitas peduli lingkungan bahu membahu turun bersama membersihkan sungai.

Hasil observasi di lapangan penumpukan sampah di sungai disebabkan oleh sampah rumah tangga maupun material bangunan yang mengendap menjadi sedimen. Pemkot Malang akhirnya menurunkan alat berat

DPRD Kota Malang Sahkan Rancangan KUPA-PPAS APBD 2024

"Lokasi memang sulit dibersihkan dengan tenaga manusia. Hari ini kita turunkan dari DPUPRPKP dan BPBD untuk alat beratnya. Karena sedimenya mengendap. Tadi saya cangkul sudah setengah mati," kata Wahyu.

Wahyu pun mengimbau masyarakat menghentikan kebiasaan buruk, membuang sampah di sungai. Dia meminta instansi terkait untuk terus diberi pengetahuan agar menjaga kebersihan dan kelestarian sungai. 

Partai Gerindra : Wahyu - Ali Berpeluang Besar Bergandengan di Pilwali Kota Malang

"Harus kita edukasi dan tingkatkan. Ini sebetulnya memberikan pelajaran pada masyarakat. Karena dapat menyebabkan kesulitan. Jadi banjir. Jika sungainya sudah kotor, terhambat dan sedimennya tinggi, air tidak akan mengalir, akan terhambat. Dan masyarakat sendiri yang akan menerima akibatnya," ujar Wahyu.

Wahyu pun mengapresiasi kinerja komunitas peduli lingkungan yang berpartisipasi aktif dan peduli terhadap keberlangsungan lingkungan hidup. 

Halaman Selanjutnya
img_title