Informasi Seputar DPRD Kota Malang Masih Minim, Bakal Ada Historiografi dari Pegiat Sejarah

FGD Penelusuran Arsip Sejarah Historiografi Parlemen Kota Malang
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA – Para pegiat sejarah di Malang ingin melakukan penelusuran sejarah parlemen atau DPRD Kota Malang. Mereka kini mencari tambahan data maupun literatur untuk menghasilkan manuskrip sebelum menyusun buku.

Hasil Pleno Pileg 2024, PKB Akhiri Dominasi PDI Perjuangan di Kota Batu

Salah satunya lewat Forum Group Discussion (FGD) Penelusuran Arsip Sejarah Historiografi Parlemen Kota Malang yang digelar pada Kamis, 12 Oktober 2023 di Hotel Pelangi, Kota Malang beberapa waktu lalu. Ini adalah FGD kedua mereka.

FGD digelar Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang bekerja sama dengan Tithiek Tenger, sebuah yayasan yang bergerak di bidang pendidikan kebudayaan dan ekonomi kreatif di Kota Malang.

Pedagang Mengeluh, Ada Dugaan Kecurangan Pembagian Bedak Pasar Among Tani

Salah satu Tim Penyusun Buku Historiografi Parlemen Kota Malang, Maria Carmela Nur Indri Hariani menyebut pembuatan historiografi parlemen ini cukup penting bagi sejarah Kota Malang. Apalagi, informasi seputar sejarah DPRD Kota Malang sangat minim. 

"Saya kira informasi, arsipnya belum ada yang jelas sampai saat ini. Sejauh ini malah justru arsip-arsip ini saya temukan ada di tangan kolektor perorangan,'' kata Maria. 

Jurus Jitu Pemkot Batu Raih WTP 9 Kali Berturut-turut

Maria ingin lewat sejumlah forum diskusi terus menumbuhkan sumber-sumber sejarah lain yang mendukung pembuatan sejarah parlemen hingga menjadi manuskrip. Buku sejarah parlemen Kota Malang jika terealisasi, sangat berguna bagi generasi mendatang terutama dalam membaca sejarah kepemimpinan.

“FGD ini sudah kedua kalinya, tinggal 2 kali lagi. Harapannya dari FGD ini nanti bisa menghasilkan manuskrip, baru kemudian berlanjut pada penyusunan sejarah DPRD Kota Malang,” ujar Maria. 

Halaman Selanjutnya
img_title