Jumlah Kasus Anak Lumpuh Otak di Jombang Capai 60 Kasus

Direktur RSUD Jombang, dr Ma'marotus Sa'diyah,
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Kasus kelumpuhan otak pada anak-anak di Jombang jumlahnya capai puluhan kasus. Seperti yang ditangani oleh rumah sakit plat merah di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Bikin Onar, Gengster Bersenjata Tajam di Pasuruan Dihajar Warga

Trend kasus kelumpuhan otak atau cerebral palsy yang ditangani RSUD Jombang, setiap tahunnya mengalami kenaikan. Hingga saat ini sudah ada 60 kasus cerebral palsy (CP).

"Sampai hari ini ada sekitar 60 pasien CP yang rutin kontrol di RSUD Jombang. Ada kecenderungan naik ya," kata Direktur RSUD Jombang, dr Ma'marotus Sa'diyah, Jum'at 13 Oktober 2023.

Taman Kota Jadi Sorotan Usai DPRD Kota Malang Sahkan Perda Kota Layak Anak

Lantaran ada peningkatan kasus, ia mengaku perlu dilakukan kewaspadaan secara bersama dari semua pihak.

"Perlu kewaspadaan semua pihak, karena ini kecenderungan meningkat kasusnya. Dan kita sudah punya komunitas sahabat cerebral palsy yang kemarin kita resmikan pas hari anak kemarin," ujarnya.

Polisi Lakukan Operasi di Flyover Peterongan, 3 Pengedar Narkoba Diringkus

Dengan adanya komunitas tersebut bisa memberikan support dan perhatian bagi anak-anak yang menderita CP, maupun pihak keluarga yang merawat.

"Setiap dua bulan sekali mereka bertemu di sini (RSUD Jombang), saling memberikan support, motivasi dan permainan-permainan yang bisa membuat mereka gembira dan pihak keluarga gembira," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title