Menteri PPPA Deklarasi Cegah Kekerasan Terhadap Anak di Lingkungan Pesantren Jombang

Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati.
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Maraknya aksi kekerasan yang terjadi pada anak-anak, membuat Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), memiliki program road show pesantren anti kekerasan.

Mas Dion, Kader Militan PKB Mantap Maju Cabup Pasuruan 2024

Bahkan, Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, mengatakan program road show pesantren anti kekerasan untuk mewujudkan pesantren ramah anak.

Tak hanya itu, Menteri PPPA melakukan deklarasikan pesantren antri kekerasan di Gor Pondok Pesantren Bahrul Ulum (PPBU) Tambakberas, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, pada Senin 9 Oktober 2023.

Live Streaming Indonesia U23 vs Uzbekistan U23 di RCTI dan Vision+

"Kegiatan ini sebagai bentuk pencegahan kekerasan terhadap anak dilingkungan pendidikan berbasis agama. Karena banyak pesantren yang telah melahirkan santri sukses baik putra maupun putri," kata Bintang.

Ia pun mengaku akhir-akhir ini, kerap beredar di media sosial (medsos) kekerasan terhadap anak. Termasuk salah satunya di Jombang. Hal ini dikarenakan ada perlakuan yang salah dalam mendidik anak.

KONI, Dindik, dan DPRD Gelar Hearing Persiapan Porprov 2025, Ini Pembahasannya

"Belakangan ini kabar dari beberapa media sosial yang miris untuk kita dengar dan kita saksikan bahwa ada perlakuan yang salah di pendidikan berasrama dan berbasis agama," ujarnya.

Maraknya kasus kekerasan, termasuk kekerasan seksual terhadap anak yang muncul pada akhir-akhir ini menunjukkan bahwa media termasuk masyarakat memiliki kesadaran terhadap segala bentuk tindakan yang mengarah perlakuan salah terhadap anak.

Halaman Selanjutnya
img_title