Desa-Desa di Jatim Berlomba Bersolek Sambut HUT RI

Warga desa membangun gapura untuk menyambut HUT RI
Sumber :
  • Istimewa

Malang, VIVA – Komunitas karang taruna yang tergabung dalam Heppiii Community berhasil menggerakkan ratusan desa di wilayah Jawa Timur dan sebagian di Kalimantan untuk menyambut HUT ke 78 RI selama Agustus 2023 ini. 

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

Berbagai kegiatan dilakukan, mulai pengecatan gapura hingga memasang lampu di ratusan desa tersebut. Ini sebagai bentuk komitmen mereka dalam membangun desa secara partisipatif.

Koordinator Heppiii Community, Ronald Theo Lesmana menjelaskan kegiatan bertajuk Merdeka Heppiii ini adalah bagian dari komitmen mereka membangun desa yang dilakukan melalui berbagai kegiatan yang melibatkan peran aktif warga desa.

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

Selain ada perbaikan fasilitas umum dan fasilitas sosial, juga digelar acara-acara tasyakuran (pesta rakyat) seperti penampilan kesenian, hiburan, bazar UMKM desa, pengajian, lomba-lomba dan kegiatan lain yang sifatnya meningkatkan kerukunan dan kebersamaan warga desa.

"Kami selalu konsisten menggerakkan warga untuk memberikan nilai tambah untuk desanya masing-masing,'' kata Ronald, Jumat, 18 Agustus 2023. 

Pemkot Pasuruan Remikan Gedung PLUT-KUMKM Dorong Kemajuan UMKM

Menurut Ronald, kegiatan ini diikuti oleh warga desa di 17 kabupaten dan kota di wilayah Jawa Timur seperti di Banyuwangi ada 17 desa, kemudian Bojonegoro 7 desa, Jember 18 desa, Jombang 10 desa, kemudian Madiun 17.

Lalu Pamekasan ada 7 desa, Probolinggo 17 desa, Sidoarjo 5 desa, Kediri 3 desa, Lumajang 9 desa, Mojokerto 4, Pasuruan 10, Ponorogo 14, Situbondo 16, Tuban 3 desa. Lalu wilayah Kalimantan ada Pangkalan Bun 4 desa, lalu wilayah Banjarmasin 19 desa.

Halaman Selanjutnya
img_title