Wali Kota Malang Bakal Kuatkan Potensi Heritage di Kota Malang

Wali Kota Malang, Sutiaji saat melihat warisan sejarah Palembang
Sumber :
  • istimewa

Malang – Dalam kunjungannya ke kota tertua di Indonesia, Palembang, Wali Kota Malang, Sutiaji bersama rombongan tak melewatkan menilik warisan sejarah Kota Palembang, Rabu 3 November 2022.

Momen Lebaran, Incumbent Panasi Mesin Pemenangan Pilkada 2024 di Jombang

Berbagai peninggalan dari masa kerajaan Sriwijaya sampai dengan Kesultanan Palembang dapat ditemukan di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II yang juga menjadi venue gelaran Rakernas IX Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI).

Museum yang terletak di kawasan di tepian sungai Musi ini banyak menampilkan benda-benda peninggalan Kesultanan Palembang. Di dalam museum ini terdapat berbagai jenis koleksi arkeologi, etnografi, seni, hingga koleksi mata uang zaman dahulu.

Namanya Masuk Bursa Pilkada Jombang, Ini Penjelasan Pj Bupati Jombang Sugiat

Salah satu yang menarik perhatian wali kota adalah kala melihat silsilah Raja Palembang yang ternyata masih berhubungan dengan Ken Arok dan Ken Dedes dari Kerajaan Singosari. Singosari diketahui merupakan sebuah kerajaan yang bercorak Hindu, yang berkembang di daerah Malang.

“Ternyata kita satu keturunan. Ada kesamaan asal usul. Beberapa kebudayaan dan kebiasaan masyarakat juga sama. Jadi tidak ada alasan untuk menyombongkan diri,” ujarnya.

1.581 Kilo Liter BBM Habis Selama Mudik dan Balik Lebaran 2024 di Malang Raya

Satu hal menarik lainnya menurut Sutiaji adalah lantai di lantai dua museum dan kusen yang berbahan kayu trembesi yang telah berusia ratusan tahun. Tak kalah dari kayu jati, ternyata trembesi juga memiliki kualitas yang bagus sebagai material bangunan.

“Luar biasa. Saya temui di sini konstruksi rangka bangunan dan alas terdiri dari kayu trembesi. Di Malang juga banyak dan usianya ratusan tahun dan itu masih tetap kuat. Di Malang salah satu heritage non bangunan adalah pohon trembesi,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title