Pegiat Kampung Budaya Polowijen Bentuk Asosiasi Batik Malang

Pegiat Kampung Budaya Polowijen Bentuk Asosiasi Batik Malang
Sumber :
  • istimewa

Malang – owijeDalam rangka menghidupkan kembali gairah batik Malang usai pandemi Covid-19, Pegiat Kampung Budaya Poln, Isa Wahyudi punya langkah strategis. 

Walah Ada Tumpukan Sampah di Kota Batu yang Sengaja Dikubur

Pria yang akrab dipanggil Ki Demang ini memelopori terbentuknya Asosiasi Pengusaha dan Pengrajin Batik Kota Malang, Jumat Isa Wahyudi akrab dipanggil Ki Demang, memelopori terbentuknya Asosiasi Pengusaha dan Pengrajin Batik Kota Malang, Jumat 21 Oktober 2022.

Isa Wahyudi mengungkapkan sudah ada 30 pengusaha batik dan pengrajin batik yang tergabung dalam asosiasi yang dikelolanya. Hal ini dilakukan untuk membantu agar dunia perbatikan di Kota Malang bisa berkembang pesat.

Momen Lebaran, Incumbent Panasi Mesin Pemenangan Pilkada 2024 di Jombang

“Dari 30 pengusaha dan pengrajin batik yang kami kelola ada yang sukses go internasional. Namun ada juga yang masih di lokal Malang saja. Beragamnya asal anggota kami menjadi kekuatan untuk bisa saling belajar dan saling membantu,” jelas Ki Demang.

Ki Demang menambahkan karena asosiasi adalah afiliasi, pasti ke depannya akan meminta kepada dinas terkait untuk membina. Ini juga dikuati oleh batik-batik di Malang yang sudah maju seperti Batik Sundari dan Batik Claket.

Namanya Masuk Bursa Pilkada Jombang, Ini Penjelasan Pj Bupati Jombang Sugiat

Ke depannya, Ki Demang juga menyebutkan asosiasi batik Malang ini akan membentuk koperasi salah satu di antaranya koperasi nanti mencari bahan baku batik bersama. Pasalnya dengan mendatangkan bersama, bahan baku tentunya ongkos produksi batik bisa terus ditekan.

Ke depan yang ditonjolkan akan mengangkat batik-batik yang bernuansa heritage, termasuk juga menonjolkan ikon Arema. Terlebih saat ini Malang Raya sedang berduka setelah adanya tragedi di Stadion Kanjuruhan. “Kami ingin melalui batik bisa mengangkat semangat dan jiwa arek-arek Malang yang tercermin dari lambang singa,” terangnya.

Halaman Selanjutnya
img_title