Program Kompor Listrik Dibatalkan, Uji Coba Tetap Berjalan

Program Kompor Listrik Dibatalkan, Uji Coba Tetap Berjalan
Sumber :
  • pixabay

Malang – Belum lama ini, pemerintah telah mengumumkan pembatalan program konversi kompor listrik. Namun, PT PLN (persero) masih terus melakukan uji coba. 

Tak Hanya Bantu Daftar Merek, Mebiso Juga Bantu Pemasaran Online Secara Gratis

Direktur Distribusi PLN, Adi Priyanto menjelaskan, proses uji coba kompor listrik itu terus dilakukan, guna mencari keunggulan serta kelemahan dari upaya konversi tersebut.

"Selama proses uji coba, kita akan catat apa kelebihan dan kelemahannya (kompor listrik). Baru nanti hasilnya akan kita laporkan ke pemerintah. Lalu kita juga akan lihat perilaku dari pelanggan (pengguna kompor listrik) itu seperti apa," kata Adi di Kementerian BUMN, Kamis 29 September 2022.

Modal PDIP Jombang saat Cari Calon Bupati dan Wakil Bupati Untuk Pilkada 2024

Saat ini, proses uji coba kompor listrik sudah dijalankan PLN di dua kota yakni Surakarta dan Bali, sejak beberapa waktu lalu. Hal itu seiring upaya sosialisasi, pendampingan, hingga evaluasi yang dilakukan terhadap program uji coba tersebut.

"Uji coba kompor listrik dilakukan dengan menyasar 1.000 keluarga penerima manfaat (KPM) di Surakarta (Jawa Tengah) dan 1.000 KPM di Denpasar (Bali)," ujarnya.

Mebiso Bantu Pendaftaran Merek Gratis untuk Produk Penyintas ODGJ di Malang

Sementara Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga menegaskan, PLN sebagai operator sebenarnya hanya menjalankan instruksi pemerintah, terkait program konversi kompor elpiji tiga kilogram ke kompor listrik tersebut.

Namun, meskipun proses uji coba tetap berjalan, kepastian mengenai program tersebut tetap berada di bawah kendali Kementerian ESDM sebagai regulator dari kebijakan tersebut. 

Halaman Selanjutnya
img_title