Perputaran Uang saat Libur Lebaran di Kota Batu Diprediksi Capai Rp200 Miliar

Wisatawan memadati salah satu wahana wisata di Kota Batu.
Sumber :
  • VIVA Malang / Galih Rakasiwi

Batu, VIVAPemkot Batu memprediksi perputaran uang pada moment lebaran 2024 mencapai lebih dari Rp200 miliar. Hal itu disampaikan oleh Kepala Diskominfo Kota Batu, Onny Ardiyanto, Senin 15 April 2024.

10 Terbaik Penerapan SPBE, Kota Malang Raih Penghargaan DGA 2024

Menurutnya, perhitungan itu berdasarkan data yang diperoleh dari jawaban responden wisatawan bahwa rata-rata pengeluaran wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu sebesar Rp1,8 juta perorang. Selain itu, penghitungan asumsi tersebut juga sudah menggunakan tenaga ahli dari akademisi.

"Jadi angka tersebut dihitung dari pengeluaran harian (daily expenditure) wisatawan sebesar Rp822 ribu dengan asumsi rata-rata wisatawan tinggal di Kota Batu selama 2,24 hari," katanya.

Cara IWAPI Dorong UKM Kuliner Pasuruan Naik Kelas Lewat Cooking Class Gratis

Untuk pengeluaran tersebut terbagi dalam sembilan komponen pengeluaran utama dari setiap masing-masing komponen pengeluaran wisatawan. Meliputi akomodasi yang menjadi komponen yang memiliki pengeluaran harian paling tinggi dibandingkan dengan yang lain, yaitu sebesar Rp240 ribu atau 29,26 persen.

"Kedua dari sektor tranportasi menuju Kota Batu yaitu sebesar Rp183 ribu atau 22,27 persen. Ketiga pembelian souvenir sebesar sebesar Rp158 ribu dan keempat pembelian makan dan minum sebesar Rp94 ribu," ujarnya. 

Pemkot Batu Salurkan Bantuan Pangan Beras pada 9.129 KPM di Kota Batu

Kemudian kelima pembelian tiket daya tarik wisata sebesar Rp71 ribu, keenam pengeluaran transportasi lokal Rp37 ribu. Selanjutnya pengeluaran untuk jasa lain sebesar Rp25 ribu, serta kedelapan parkir kendaraan yaitu sebesar Rp25 ribu dan terakhir toilet atau kamar kecil sebesar Rp3,9 ribu.

"Tinggal untuk perkiraan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Batu selama libur Lebaran berapa pastinya. Kalau dihitung sementara dari tanggal 6-12 April sekitar 118.694 wisatawan dikalikan Rp1,8 juta. Sehingga dapat diperkirakan perputaran uang selama tanggal 6 hingga 12 April sekitar Rp215 miliar," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title