Cara Pemkot Malang Tekan Laju Inflasi Dengan Bikin Warung Mbois Ilakes

Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat
Sumber :
  • Prokompim Setda Kota Malang

Malang, VIVAPj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat bertekad menekan laju inflasi di tengah sejumlah harga kebutuhan pokok yang cenderung naik. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan meresmikan sebuah tempat usaha di Pasar Terpadu Dinoyo, Kota Malang pada Minggu, 24 Desember 2023.

LPBH PBNU Bakal Lapor Polda Jatim atas Dugaan Pelanggaran Pengadaan Lahan Kampus UNISMA

Wahyu memberi nama warung itu 'Tekan Inflasi Mbois Ilakes'. Artinya warung ini diharapkan berperan mengendalikan inflasi sekaligus Mbois Ilakes yang merujuk pada slogan di bawah kepemimpinan Wahyu. 

"Dari namanya ini sudah terdengar unik, warung yang namanya panjang, warung tekan inflasi mbois Ilakes. Tentu semangatnya adalah bagaimana warung ini nantinya ikut membantu dalam mengendalikan inflasi, ditambah lagi dengan Mbois Ilakes yang merupakan singkatan dari mandiri, berbudaya, optimis, indah, sejahtera, inovatif, lestari, adaptif, kolaborasi, efisien dan sinergi," kata Wahyu dalam keteranganya. 

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Alasan Wahyu menambahkan pemberian nama sebagai doa untuk menguatkan pengendalian inflasi di masyarakat. Dia ingin keberadaan warung tekan inflasi mbois Ilakes di pasar terpadu Dinoyo, Pasar Blimbing dan Pasar Besar dapat menjadi tujuan konsumen yang ingin berbelanja bahan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau. 

"Kita berupaya bagaimana langkah mengendalikan inflasi ini bisa sampai pada masyarakat, salah satunya tentu melalui warung ini. Harus berani tampil beda sehingga harapannya nanti dapat menarik konsumen yang membutuhkan bahan pokok dengan harga yang terjangkau," ujar Wahyu.

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Wahyubmengatakan, kehadiran warung di tiga pasar ini sebagai bentuk intervensi serta menciptakan stabilitas harga sesuai dengan daya beli masyarakat. Sebab saat ini terjadi kenaikan harga bahan kebutuhan pokok saat natal dan tahun baru. 

"Kembali ke tujuannya, bahwa kehadiran warung ini kan untuk membantu pemerataan pengendalian inflasi sampai di tingkat masyarakat, maka nanti dalam menjual bahan kebutuhan pokok, harganya sebisa mungkin sesuai dengan kemampuan daya beli masyarakat. Apalagi menghadapi nataru ini mulai ada kenaikan harga, ini sebagai langkah antisipasi," tutur Wahyu.

Halaman Selanjutnya
img_title