Majukan Ekraf Lokal, Kadin Kota Batu Sediakan Tempat Promosi Gratis

Produk Ekraf di Kantor Kadin Kota Batu
Sumber :
  • Galih Rakasiwi/Batu

Batu, VIVA – Ketua Kamar Dagang dan Indonesia (Kadin) Kota Batu, Endro Wahyu Wijoyono, menegaskan pihaknya akan mendorong untuk menjadikan produk-produk ekonomi kreatif (ekraf) lokal menjadi panglima di Kota Batu.

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Menurut Endro, ekraf merupakan tulang punggung ekonomi masyarakat Indonesia, termasuk di Kota Batu. Untuk itu, pihaknya akan berupaya memajukan dan mewadahi potensi ekraf di Kota Batu tersebut.

"Sudah saatnya ekraf lokal didorong menjadi yang terdepan. Apalagi kota ini merupakan kota wisata yang menjadi jujukan para pelancong," kata Endro usai peresmian Kantor Kadin Kota Batu yang berlokasi di Jalan Kartini, Kelurahan Ngaglik, pada Jumat, 22 Desember 2023.

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Selain itu, Endro mengatakan pihaknya juga akan menggandeng para penghasil komoditi pertanian di Kota Batu. Hal itu dilakukannya agar seperti hotel tidak lagi menyuguhkan buah apel dari luar negeri, namun dari petani kota Batu sendiri.

"Demikian pula dengan hasil pertanian seperti sayur mayur. Termasuk hasil peternakan, seperti susu sapi. Dengan upaya seperti ini, dampak positifnya akan dirasakan langsung oleh warga Kota Batu," ucapnya.

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

Tentunya, Endro menegaskan, dalam mewujudkan ide tersebut membutuhkan keseriusan dan komitmen para pemangku kebijakan di Kota Batu, baik eksekutif maupun legislatif.

"Kami juga menyediakan tempat untuk mempromosikan hasil UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) milik masyarakat Kota Batu secara gratis. Terlebih kantornya berada di jantung Kota Batu," ujarnya.