4 Desa di Pasuruan Digelontor Bantuan Program Desa Berdaya Senilai Rp100 Juta

Salah satu desa penerima program desa berdaya.
Sumber :
  • Mochamad Rois / Pasuruan

Pasuruan, VIVA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melalui Dinas DPMD memberikan bantuan keuangan kusus (BKK) melalui program desa berdaya. Program ini diberikan kepada empat desa di Kabupaten Pasuruan.

Tamzil Ainnur Rizal, Sosok Potensial yang Ramaikan Bursa Pilkada Batu 2024

4 Desa itu adalah Kepulungan, Bulusari, Winong dan Wonosari yang semuanya berada di Kecamatan Gempol. Masing-masing desa digelontor uang bantuan senilai Rp100 juta.

"Bantuan keuangan ini dengan maksud dan tujuan memperkuat ekonomi desa dengan pengembangan desa tematik melalui ekonomi kreatif, inovatif dan produktif, dengan mengoptimalkan potensi dan sumberdaya desa yang ada, agar bisa mewujudkan desa ini menjadi berdaya dan mandiri," kata Kepala Bidang Pengembangan Potensi Desa dan Kelurahan (PPDK) Dinas DPMD Kabupaten Pasuruan, Joni Supriyadi, Kamis, 21 Oktober 2023. 

Long Weekend Kota Batu Dipadati Wisatawan

Mewakili Pemkab Pasuruan dalam acara lounching desa berdaya di Wisata Transit Pemandian Air Panas Wong Kepulungan, Desa Kepulungan, Joni pun mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Jatim. Karena telah memberikan perhatiannya demi meningkatkan kemandirian desa di wilayah Kabupaten Pasuruan.

Menurut Joni, bantuan ini sebagai tanda bukti semangat kegotongroyongan. Karena semua memiliki keinginan bersama untuk melihat Desa Kepulungan ini bisa semakin mandiri dan memunculkan produk ikonik desa, pada potensi desa yang dimilikinya. 

Musim Haji, Berkah Tersendiri Bagi Produsen Bumbu Pecel Instan di Jombang

Seperti Desa Kepulungan yang memiliki potensi wisata pemandian air panas dan tempat transit. Mereka berharap tempat ini lebih dikenal serta menarik bagi pihak lain, sehingga dinamisasi desa semakin berkembang. 

"Mari kita dukung Pemdes Kepulungan untuk lebih menumbuh kembangkan inovasi kreatifitas dan priduktifitas yang dapat berdampak memberikan manfaat kepada perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Desa Kepulungan ini," ujar Joni.