Langkah Strategi Ketahanan Energi Yang Dilakukan PHE Didukung Ketua Komisi VI DPR RI

Sosialisasi peran Pertamina Hulu Energi
Sumber :
  • Mochamad Rois / Pasuruan

Pasuruan, VIVA – Ketua Komisi VI DPR RI, Faisol Riza, mengatakan capaian yang diperoleh PT Pertamina Hulu Energi (PHE) selaku subholding upstream mampu berperan sebagai kontributor utama produksi migas nasional. 

Mas Dion, Kader Militan PKB Mantap Maju Cabup Pasuruan 2024

Faisol Riza sebelumnya hadir di acara sosialisasi peran Pertamina Hulu Energi (PHE) dalam menjaga ketahanan energi nasional, pada Senin, 11 September 2023 kemarin di Bromo View Hotel Probolinggo. Dia hadir bersama para tokoh masyarakat, kelompok pemuda, tokoh agama, serta perwakilan pelaku UMKM se Kabupaten Probolinggo.

"Sejak Tahun 2022, PHE berkontribusi sebesar 68 persen produksi minyak nasional dan 34 persen produksi gas nasional," kata Faisol Riza. 

Live Streaming Indonesia U23 vs Uzbekistan U23 di RCTI dan Vision+

Menurut politisi PKB dari Dapil Pasuruan-Probolinggo ini, berdasarkan data Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), komposisi energi akan berubah perlahan hingga 2050 saat energi baru bakal mendominasi kebutuhan energi di tingkat nasional. Sejalan dengan hal tersebut. Tentunya volume kebutuhan energi fosil pun akan meningkat.

Sehingga untuk memenuhi kebutuhan energi nasional, PHE menjalankan strategi melawan laju penurunan alamiah (natural declining rate) melalui pengeboran sumur, perawatan sumur, dan melakukan eksplorasi potensi cadangan minyak dan gas.

KONI, Dindik, dan DPRD Gelar Hearing Persiapan Porprov 2025, Ini Pembahasannya

"Perlu diketahui juga, PHE juga menjaga keberlanjutan bisnis dengan melakukan pengeboran sumur minyak dan gas, serta eksplorasi untuk mencari potensi cadangan baru minyak dan gas," ujar Faisol.

Selain itu, Faisol juga menyebutkan bahwa dalam rangka mendukung Green Strategy Holding, PHE telah berupaya untuk melakukan berbagai macam program dekarbonisasi. Salah satunya yakni melalui pemanfaatan sumber energi gas sebagai energi transisi yang rendah emisi dan ramah lingkungan.

Halaman Selanjutnya
img_title